5 Episode Podcast Favorit yang Saya Dengarkan Terus-Menerus

5 Episode Podcast Favorit yang Saya Dengarkan Terus-Menerus

Pandemi Covid-19 terasa bagi kutukan namun juga berkah bagi saya. Dalam 6 bulan terakhir, saya sempat merasakan gejala depresi, tapi saya juga belajar banyak dari berbagai podcast. Dari sekian banyak, ada 5 episode podcast favorit yang saya dengarkan terus-menerus.

Saya bisa bilang 5 episode podcast favorit yang saya dengarkan terus-menerus ini sifatnya subjektif, tapi siapa tahu kalian yang membaca postingan ini tertarik untuk mendengarkan.

Jadi ini dia, 5 episode podcast favorit yang saya dengarkan terus-menerus:

1. Episode 22 Season 1 Love Health Wealth Podcast

Berjudul “Gadis on Turning Life’s Challenges Into Success”, saya ingat betul momen pertama kali melihat sampulnya. Saya nggak begitu tertarik. Tapi entah bagaimana, akhirnya saya dengarkan dan tertegun.

Dibagi menjadi 2 episode, seorang perempuan bernama Gadis membuat saya banyak merefleksikan hidup saya. Gadis adalah sosok yang begitu positif meskipun hidupnya memiliki banyak sekali tantangan atau mungkin cobaan–begitu yang sering mereka bilang.

Hidup seorang Gadis Prameswari sama sekali nggak mudah, namun ia terus ceria dan menjadi pribadi yang begitu mandiri dan cerdas. Saya belajar banyak sekali dari Gadis. Ketika saya merasa putus asa, saya mendengarkan episode podcast ini lagi dan lagi.

2. Episode 03 RAPOT

Episode podcast dari Reza Anka Radhini Abigail Potkes (RAPOT) ini membuat saya amat merasa terhubung dan itulah alasan utamanya mengapa saya memilihnya menjadi salah satu dari 5 episode podcast favorit yang saya dengarkan terus-menerus.

Dengan judul “PacarQ MajikanQ”, episode ini membahas tentang kekerasan dalam pacaran–kekerasan yang bisa berbentuk verbal maupun fisik. Atau dalam bahasa kekiniannya: toxic relationship.

Sebelum menikah, saya sempat menjalani beberapa toxic relationship dengan beberapa mantan pacar saya. Walaupun nggak melibatkan kekerasan fisik, toxic relationship nggak pernah terasa menyenangkan.

Saya memutuskan untuk mendengarkan episode podcast ini berulang kali agar saya ingat dan sadar akan hubungan yang sehat–hubungan apapun itu dalam kehidupan saya sehari-hari.

Dan jika bisa, mungkin merekomendasikannya pada seseorang yang berada dalam sebuah toxic relationship. Siapa tahu bisa menolong. Kita nggak pernah tahu, sebuah gestur kecil bisa membantu dan menyelamatkan orang lain. 🙂

3. Episode “Kembali Kasih Ya, UUS!” dari SekutFM

Melihat seorang Uus di sampulnya, saya langsung penasaran pada episode SekutFM milik Gofar Hilman ini. Sebagai seseorang yang nggak terlalu familier dengan artis ibu kota, saya cukup sering mendengar nama Uus meski nggak pernah saya cari tahu lebih lanjut.

Belakangan, episode SekutFM cukup mengisi hari-hari saya–terutama ketika saya mencuci piring di pagi hari. Gofar Hilman mampu menyajikan obrolan-obrolan yang begitu jujur dan menarik dengan tamu-tamunya.

Dari semua obrolan yang telah saya dengarkan, episode bersama Uus menjadi salah satu dari 5 episode podcast favorit yang saya dengarkan terus-menerus. Uus sangat jujur dan terbuka.

Meski episode tersebut dipenuhi dengan banyak kata kasar dan sumpah serapah, menurut saya Uus adalah seseorang yang cerdas dan selalu menjadi dirinya sendiri. Sangat menarik untuk didengarkan.

Baca juga: Tentang Ilmu yang Nggak Akan Pernah Habis

4. Episode #25 BKR Brothers

Siapa sih yang nggak kenal Zack Lee? BKR Brothers yang terdiri dari Ryo, Molen, dan Bobby selalu berhasil membawa gelak tawa bagi saya. Episode yang berjudul “Orang itu adalah Zack Lee” memberikan banyak kejutan.

Diselipi dengan beberapa lelucon, episode bersama Zack Lee terasa lebih serius namun inspiratif dibandingkan episode-episode BKR Brothers yang lain. Saya bahkan sempat menitikkan air mata.

Menjadi seorang public figure ternyata nggak seindah yang saya bayangkan dan Zack Lee memiliki hidup yang amat keras. Saya nggak pernah bisa membayangkan bagaimana jika saya berada di posisinya.

Episode #25 BKR Brothers ini menjadi salah satu dari 5 episode podcast favorit yang saya dengarkan terus-menerus agar saya nggak bisa lupa akan cerita mengagumkan dari seorang Zack Lee. 🙂

5. Episode #8 Sorry! Not Sorry Podcast

Milik seorang kawan saya: Sharleen Lee dan sahabatnya: Monica Satya, Sorry! Not Sorry Podcast seringkali membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan mental dan ilmu psikologi.

Mereka mengangkat isu sehari-hari yang dianggap biasa, namun menguliknya dengan lebih dalam. Pada episode “Strong and Independent”, Sharleen dan Monica mengajak seorang teman bernama Endrue J untuk berbagi cerita.

Lagi-lagi, saya menangis. Cerita Endrue sebagai seorang anak sulung dengan ayah yang sudah tiada sangat membuat saya terhubung. Bulan depan, genap 1 tahun sudah Papa pergi.

Sejak ayahnya tiada, Endrue menjadi tulang punggung keluarga. Hidup saya nggak seberat Endrue karena saya nggak sepenuhnya harus menanggung beban keluarga.

Mendengarkan cerita Endrue membuat saya tertegun berulang kali, terutama ketika saya mengeluh akan beratnya hidup. Dari Endrue, saya belajar untuk menghadapi berbagai kesulitan dalam hidup dan terus berpegang teguh pada iman saya akan Tuhan.

Jika kalian dengarkan, kalian pasti akan paham mengapa saya memilih episode ini sebagai salah satu dari 5 podcast favorit yang saya dengarkan terus-menerus. 🙂

Mengapa 5 episode podcast favorit ini bisa saya dengarkan terus-menerus?

Dari penjabaran di atas kalian mungkin akan memahami alasan saya memilih 5 episode podcast favorit yang saya dengarkan terus-menerus.

Jika kurang paham, saya amat merekomendasikan kalian untuk turut mendengarkan kelima episode podcast tersebut. Siapa tahu kalian suka.

Kalau kalian bagaimana? Adakah episode podcast favorit yang kalian dengarkan terus-menerus? Yuk, bagi cerita kalian seputar podcast favorit di halaman komentar! Saya tunggu, ya. 😉

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Pandemi COVID-19

Written by
Sefin
TheJournale