Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Pandemi COVID-19

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Pandemi COVID-19

Kesehatan gigi dan mulut seringkali disepelekan oleh masyarakat Indonesia. Banyak sekali masyarakat Indonesia yang memilih untuk nggak pergi ke dokter gigi saat memiliki masalah dengan kesehatan gigi dan mulut mereka, dimana nggak jarang masalah tersebut justru berakibat fatal. Nggak hanya bisa berujung ke sakit kritis saja, masalah kesehatan gigi dan mulut yang nggak teratasi dengan baik bahkan bisa menyebabkan kematian.

Sejatinya, kesehatan gigi dan mulut adalah bagian yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita seutuhnya, apalagi di tengah pandemi seperti ini. Ketika kita sudah terbiasa menjaga kesehatan gigi dan mulut kita, tentu akan lebih mudah bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menurut artikel dari Hello Sehat, rongga mulut menjadi salah satu pintu bakteri yang masuk ke banyak bagian tubuh manusia dimana bakteri yang terdapat di dalam rongga mulut dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya melalui aliran darah, dan disebut bakteremia.

Ketika kesehatan gigi dan mulut kita terjaga, tentu kita bisa meminimalisir risiko masuknya bakteri ke aliran darah kita. Jikapun bakteri masuk ke aliran darah kita, saat kondisi kesehatan rongga mulut kita dalam keadaan optimal, bakteri yang masuk juga akan sangat sedikit jumlahnya dan nggak membahayakan tubuh.

Sebaliknya, ketika kita mengabaikan kesehatan rongga mulut kita, jumlah bakteri yang bisa masuk ke aliran darah kita bisa meningkat dua hingga sepuluh kali lipat. Tentu kita nggak mau dong, karena hal sesepele nggak menjaga kesehatan gigi dan mulut, kita malah bisa menderita berbagai komplikasi penyakit akibat bakteri dari rongga mulut yang menyebar ke aliran darah. Berbahaya banget, apalagi di tengah pandemi COVID-19 seperti ini.

Menurut saya sendiri, pandemi COVID-19 menjadi hal yang sangat menakutkan. Jika dulu kita bisa pergi ke dokter gigi atau rumah sakit kapan saja, saat pandemi, kita nggak bisa sembarangan pergi ke dokter gigi karena sangatlah berisiko.

Mengutip dari artikel Kompas, drg. Anggi Pratiwi pun mengungkapkan bahwa di masa pandemi COVID-19 seperti ini, jika nggak darurat banget, sebaiknya kita menunda pergi ke dokter gigi. Untuk menambahkan pernyataannya, drg. Anggi pun menjelaskan beberapa kondisi darurat sakit gigi dimana ke dokter gigi sama sekali nggak bisa ditunda:

  1. Munculnya rasa nyeri atau sakit pada gigi yang sama sekali nggak bisa ditahan.
  2. Pembengkakan gusi karena infeksi.
  3. Terjadinya pendarahan pada gigi atau di dalam rongga mulut yang sama sekali nggak bisa diatasi.
  4. Adanya trauma pada gigi dan tulang wajah, terutama akibat kecelakaan. 
Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Pandemi COVID-19
Source: https://www.freepik.com/premium-vector/cartoon-illustration-tooth-with-teeth-problems_3405324.htm#page=3&query=dental+problems&position=6

Ayo kita coba ingat masing-masing… kapan terakhir kali kita ke dokter gigi? Apakah kita pernah mengalami kondisi darurat sikat gigi di masa pandemi?

Jangan sampai kita mengabaikan kondisi kesehatan gigi dan mulut kita ya selama pandemi COVID-19. Kita nggak boleh mengambil risiko sama sekali, apalagi dengan adanya COVID-19, kita telah diingatkan secara nggak langsung bahwa sehat itu nggak ternilai harganya. 🙂

Nah, supaya kita bisa sama-sama menjaga kesehatan gigi dan mulut kita secara optimal, saya telah mewawancarai seorang dokter gigi bernama drg. Johana Yaputri untuk memberikan tips perawatan rongga mulut paling dasar yang bisa kita lakukan setiap harinya. Berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan gigi dan mulut selama pandemi COVID-19 dari drg. Johana:

1. Sikat gigi 2 kali sehari

Sikatlah gigi setiap pagi hari dan malam hari sebelum tidur. 

2. Sebaiknya menyikat gigi 30 menit setelah makan

Sikatlah gigi 30 menit setelah makan (sarapan dan makan malam) karena saat makan keadaan mulut kita menjadi asam, sehingga bila langsung disikat setelah makan tanpa menunggu 30 menit, kita malah bisa merusak gigi kita.

3. Lakukan flossing

Flossing atau pembersihan sela-sela gigi dan gusi menggunakan benang gigi minimal 1 kali setiap hari sangatlah penting. Jika ingin kesehatan gigi lebih optimal, bisa dilakukan setiap habis makan.

4. Berkumur dengan obat kumur non-alkohol

Jika diperlukan, berkumurlah dengan obat kumur non-alkohol (contohnya untuk lansia dan orang berkebutuhan khusus yang tidak membersihkan gigi sendiri secara optimal). 

5. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Supaya meningkatkan kemampuan self cleansing (pembersihan mandiri) pada rongga mulut, perbanyaklah konsumsi sayur dan buah.

6. Minum air putih minimal 8 gelas sehari

Biasakan untuk minum air putih sekitar 1-2 liter per hari untuk menjaga hidrasi dan kelembaban rongga mulut.

7. Biasakan berkumur air putih

Sehabis minum teh dan/atau kopi juga minuman berwarna lainnya, serta sehabis merokok biasakan diri untuk selalu berkumur air putih. Dengan berkumur, noda-noda dari teh, kopi, minuman berwarna lainnya, serta rokok nggak menempel di gigi. Terlebih, noda-noda tersebut menjadi penyebab terbesar terbentuknya karang gigi.

8. Hindari minuman dan makanan asam serta bersoda

Minuman dan makanan asam serta bersoda dapat mengikis lapisan email gigi dan berisiko membuat gigi kita hipersensitif dan mudah ngilu. Oleh sebab itu, hindari minuman dan makanan asam serta bersoda. 

9. Hindari makanan yang terlalu keras

Makanan yang terlalu keras sangat berbahaya karena dapat menyebabkan retak halus pada gigi dan berisiko pada gigi hipersensitif.

10. Hindari perubahan suhu ekstrem saat makan dan minum

Meski mungkin menyegarkan, perubahan suhu ekstrem saat makan juga sangat berbahaya, contohnya: makan soto panas dan minum es teh manis, karena dapat menyebabkan gigi hipersensitif dan mudah ngilu.

11. Hindari mengunyah makanan di satu sisi rongga mulut

Pengunyahan di satu sisi rongga mulut nggak baik bagi kita karena bisa menyebabkan sakit pada sendiri rahang bahkan menyebabkan pembengkakan.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Pandemi COVID-19
Source: https://www.freepik.com/free-vector/teeth-healthcare-with-sunglasses-toothbrush-hygiene_5686761.htm#page=2&query=oral+health&position=46

Bagaimana? Apakah kamu sudah melakukan semua tips menjaga kesehatan gigi dan mulut yang diberikan drg. Johana di atas? Jika sudah, selamat! Berarti kamu tinggal terus menjaga konsistensi dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut kamu. Jika belum, yuk mari kita sama-sama menjaga kesehatan gigi dan mulut secara optimal sebagai salah satu upaya terpenting dalam menjaga kesehatan kita di masa pandemi COVID-19.

Saya percaya banget, bahwa nggak ada kata terlambat dalam menjaga kesehatan. Kita bisa dibilang terlambat bila kita sudah mengalami sakit keras dan penyakit yang kita alami nggak bisa disembuhkan. Nggak mau kan sampai terjadi hal seperti itu? Oleh karena itu, yuk kita jaga kesehatan gigi dan mulut kita.

Dengan menjaga kesehatan rongga mulut, kita turut membantu para pahlawan medis lho karena kita turut meringankan beban mereka di masa pandemi COVID-19 yang nggak menentu seperti ini. Semoga kita selalu sehat hingga pandemi COVID-19 berakhir, ya! Salam sehat!

Written by
Sefin
TheJournale