Kalo ada yang nanya, paling gampang traveling  ke mana, saya selalu jawab “Paling gampang dan paling enak ya sebenernya ke Yogya atau ke Bali. Apalagi, Yogya termasuk murah banget untuk turis. Terus ke Bali juga harganya nggak kalah terjangkau. Selain itu, semua jenis aktivitas ada banget di Bali.”

Setiap tahunnya, pasti minimal saya ada sekali deh ke Yogya dan ke Bali. Dua kota ini ‘seenak itu’ buat traveling. Nggak usah planning ribet, berangkat mah dan tinggal “Hayuuuk!” aja.

Nah, di postingan blog ini, saya mau share 4 tempat wisata yang recommend banget dikunjungi kalo lagi traveling ke Yogya dan Bali. Cusss mari kita bahas!

Jogjabay Waterpark

Yogyakarta nggak cuma punya wisata alam atau budaya. Di sini ada juga waterpark bertema “Pirates” yang luaaas banget! Luas totalnya 7 hektar dengan 19 macam wahana yang bikin mampir seharian aja nggak cukup! Uniknya lagi, Jogjabay Waterpark ini dibuat dengan konsep campuran unsur Pulau Jawa dan Eropa.

Spot favorit saya di sini namanya Bekti Adventure yang bentuknya mirip ular raksasa. Saat nyobain Bekti Adventure ini, kamu bisa mengelilingi Jogjabay dengan slider yang meliuk dan berputar. Selain Bekti Adventure, kamu juga mesti nyobain Volcano Roster—wahana ini cocok buat ngilangin penat dan stres, wah asyik  banget naik wahana ini sambil teriak sekenceng-kencengnya! 😀

Candi Borobudur

Dari masih baru bisa jalan, saya udah dibawa ke sini sama orang tua saya. Bukan hanya karena memori masa kecil aja, alasan saya suka berkunjung ke Candi Borobudur karena tempat ini syarat akan sejarah dan kemegahannya selalu bikin terpesona. Meski nggak berlokasi di Yogyakarta, candi yang berlokasi di Magelang ini bisa dibilang cukup dekat dari Yogya.

Kalo menurut kamu main ke Candi Borobudur udah mainstream banget, cobain deh ke sana saat matahari terbit. Buat yang nggak suka bangun pagi, kamu juga bisa cobain suasana matahari terbenam atau sunset-nya.

Saya sendiri baru pernah cobain ke sana saat sunrise. Meski harga tiketnya cukup mahal—10 kali lipat dari tiket masuk biasa—tiket untuk melihat sunrise atau sunset di Candi Borobudur ini worth it menurut saya. Candi Borobudur saat sunrise itu cantik banget, udah gitu buat foto-foto juga lebih asyik karena nggak seramai waktu biasa.

Nah, buat next trip ke Yogya, saya kepingin liat sunset di Candi Borobudur nih… Ada yang mau bareng? 😉

GWK (Garuda Wisnu Kencana)

Dulu, GWK ini terkenal dengan patung besar berbentuk orang yang akhirnya pembuatannya selesai dan pada 22 September 2018 mulai diresmikan. Pas liat langsung patung ini, saya merinding banget karena super megah dan bagus. Nggak cuma itu, pahatan patung ini juga begitu detil. Menurut saya sih, 2–3 jam sama sekali nggak cukup untuk menjelajah Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Jadi, sepertinya butuh waktu seharian biar lebih puas!

Kalau bisa berangkat dari pagi, kamu wajib banget mampir ke Wisnu Plaza—bagian tertinggi dari GWK—untuk melihat air mancur dan air sumur yang nggak pernah kering meski di musim kemarau. Oiya, air di sana diyakini suci oleh orang lokal lho.

Setelahnya, kamu bisa makan siang dan belanja deh di Street Theater. Kalau beruntung, kamu bisa melihat pertunjukan barong, rindik, dan parade yang diselenggarakan beberapa kali dalam sehari!

Berhubung GWK ini luas banget, mungkin kamu bisa juga mempertimbangkan sewa Skutis Smart Ant atau skuter elektronik supaya nggak capek keliling-keliling di siang hari bolong. Selain Skutis Smart Ant, kamu bisa juga sewa Segway dan Skutis Anoa. Skuter tersebut lumayan bikin hemat tenaga saat berkunjung ke GWK, plus jadi lebih seru deh. 😀

Toya Devasya

Berkunjung ke Toya Devasya, memungkinkan kita berendam sekaligus menikmati indahnya Danau Batur. Tempat yang berlokasi di Kintamani, Bali Timur ini terkenal akan permandian air panas alaminya. Akan tetapi, kamu nggak cuma sebatas berendam air panas. Kamu juga bisa main di Waterboomnya atau sekalian coba Kayaking atau Canoeing bareng teman-teman.

Nggak cuma itu, kamu juga bisa bersepeda di pinggiran Danau Batur atau ikut tur ke Kuburan Trunyan yang terkenal akan tradisi pemakaman berbeda dari desa-desa Bali lainnya.

Coba juga camping 2 hari 1 malam di Toya Devasya supaya pengalaman menjelajah di sekitaran Danau Batur makin terasa. Setelah capek, kamu bisa memanjakan diri di Ayurvedic Spa. Asyik banget, kan? 😀

Jadi, kamu mau cobain yang mana?

Saya saranin sih, kamu cobain semuanya biar afdal! Kalo ke Yogya, jangan lupa ke Jogjabay Waterpark dan Candi Borobudur. Kalo ke Bali, mampir deh ke GWK sekalian lanjut ke Toya Devasya biar puas liburannya.

Setiap kali saya ceritain soal 4 tempat wisata di Yogya dan di Bali ini, pasti pada nanya deh, “Terus beli tiketnya gimana? Males banget kalo harus ngantre di depan loket meski sudah datang dari pagi-pagi sekali. Ribet!” Untungnya nih, di zaman yang serba online ini, sekarang kita udah bisa beli tiket masuk tempat-tempat wisata dengan harga diskon lumayan di Traveloka.

Apalagi saat ini, sedang ada promo “Daily Deals Tiket Atraksi Domestik” bagi kamu yang ingin merasakan keseruan wisata pada destinasi domestik di berbagai wilayah Indonesia. Promo ini berlaku dari 11 Maret – 7 April 2019. Selama periode, kamu bisa mendapatkan diskon hingga 70% untuk berbagai atraksi domestik setiap harinya termasuk tiket masuk Jogjabay Waterpark, Candi Borobudur, GWK, dan Toya Devasya. Jadi lebih hemat, kan?

Saya sendiri udah pernah cobain beli tiket Gardens by The Bay yang ada di Singapura via Traveloka, enak banget cuy nggak usah antre! Sekarang tinggal siapkan rencana traveling ke Jogja dan Bali deh 😀

Total
16
Shares

22 comments

  1. jalan jalan paling murah jogja… tapi main ke jogja lebih ke nyari suasana baru… main ke malioboro ya gitu gitu aja… tapi entah kenapa seneng aja dan pengen kesana lagi…

    1. Bener! Jogja tuh menyenangkan banget, meski bolak-balik ke tempat yang sama, tetap seru dan ngangenin. Kalo urusan murah, boleh coba Solo juga… lebih murah lagi!!!

  2. Saya sebetulnya sudah bolak-balik ke Jogja, tapi nggak pernah ke Jogjabay Waterpark. Bahkan, saya baru tahu ada tempat ini sekarang. Kayaknya boleh nih kali-kali main ke sini.

    1. Wah, tos dong kalo gitu! 😀 Enak ya liburan di Jogja. Aku juga taunya baru-baru sih tapi ternyata menyenangkan. Silakan mencoba di kunjungan ke Jogja selanjutnya 😀

  3. JOGJA itu selalu ngangenin! Dalam setahun, walo berkunjung 10 kali, dijamin ngga akan bosan.
    Ya walopun sekarang macetnya Jogja (di beberapa kawasan) udah mirip2 Jakarta sih ya, qiqiqiqiq

    1. BENEEER! Nggak pernah ngebosenin ya Jogja. Sedihnya sih emang sekarang di beberapa tempat macet banget. :”D Tapi untungnya pengendara-pengendera motor dan mobil di Jogja nggak separah di Jakarta–terutama emosinya. 😀

  4. Yes, Borobudur.
    kalau sudah ke borobudur, rugi kalau gak muter muter sekalian ke puntuk stumbu dan gereja ayam.
    atau main rafting..
    duh kok malah jadi merembet kemana mana yak…

    hihi salam

  5. Yup bener, ke jogja harus ke Borobudur. terutama di festival lampion.
    bakalan cocok dengan suasananya

    Selama di borobudur pasti bakal merembet ke sekitar.
    masih ada puntuk stumbu dan gereja ayam yang berdekatan.

    1. Tosss! Borobudur emang nggak ada yang nandingin sih. Nah, jujur saya belum pernah ke festival lampion, puntuk setumbu atau gereja ayam. Next time harus ke sana! 😀

    1. Mesti banget sih ke Jogja sama ke Bali lagi! Dua kota ini memang menyenangkan banget dan mudah buat traveling. Beli paket atraksi di Traveloka emang super praktis sih!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.