Tips Supaya Kulit Wajah Bebas dari Maskne dari Bioderma

Tips Supaya Kulit Wajah Bebas dari Maskne dari Bioderma

Karena pandemi Covid-19, ada istilah baru yang muncul dan ramai dibicarakan oleh banyak orang, yaitu “Maskne”. Maskne sendiri merupakan singkatan dari Mask Acne atau jerawat yang muncul karena penggunaan masker. Saya sendiri juga mengalaminya—gimana jerawat muncul, terutama di sekitaran dagu dan mulut akibat penggunaan masker di era New Normal. Jujur sih, lelah banget. Jerawat seakan nggak berhenti muncul. Tapi, saya nggak menyerah dan akhirnya berhasil menemukan beberapa tips supaya kulit wajah saya bisa bebas dari maskne. 😀

Tips Supaya Kulit Wajah Bebas dari Maskne dari Bioderma

1. Pastikan untuk Selalu Menggunakan Masker yang Bersih

Tips Supaya Kulit Wajah Bebas dari Maskne dari Bioderma

Mungkin tips pertama ini bisa dibilang cukup klise, tapi ternyata dari hasil ngobrol-ngobrol dengan beberapa orang, banyak yang nggak bisa benar-benar menjalankannya. Apalagi ketika menggunakan masker sekali pakai, banyak yang merasa ‘sayang’ untuk terus menggunakan masker yang baru. Padahal, ini faktor yang penting banget. Nggak cuma untuk kesehatan kulit wajah kita, tapi juga untuk kesehatan kita secara keseluruhan supaya terhindar dari Covid-19.

Jika kamu merasa menggunakan masker yang bersih atau masker baru adalah sebuah pemborosan, sebaiknya beralih ke masker kain saja dan mencucinya secara teratur. Yang terpenting, pastikan masker yang kita gunakan itu bersih—baik yang sekali pakai maupun yang kain. Dengan begitu, kulit wajah kita bisa bebas dari maskne.

2. Ganti Masker Setiap 4 Jam Sekali

Tips Supaya Kulit Wajah Bebas dari Maskne dari Bioderma

Nggak hanya harus bersih, pastikan untuk selalu mengganti masker setiap 4 jam sekali. Ini juga sudah menjadi pengetahuan umum selama pandemi Covid-19, tapi banyak yang belum benar-benar menjalankannya. Mengganti masker setiap 4 jam sekali adalah faktor yang nggak kalah penting demi terhindar dari Covid-19 dan juga maskne.

Terutama untuk masker kain, ketika digunakan lebih dari 4 jam, masker akan menjadi lebih lembab dan efektivitasnya untuk mencegah Covid-19 pun juga sangat berkurang. Ketika masker menjadi lembab, tentu kulit wajah kita juga akan kesulitan untuk bernapas sehingga sangat mungkin menyebabkan maskne.

3. Tidur Cukup dan Berkualitas

Tips Supaya Kulit Wajah Bebas dari Maskne dari Bioderma

Salah satu rahasia umum terbesar dalam menjaga kulit supaya tetap sehat adalah dengan mendapatkan tidur yang cukup. Saya sendiri membiasakan diri untuk bisa tidur 6-8 jam dan menyesuaikan dengan Circadian Clock, di mana saya berusaha untuk bisa tidur sekitar pukul 10 malam. Pastikan tubuh kita mendapatkan tidur yang berkualitas setiap harinya.

Berdasarkan pengalaman saya, sekalipun saya tidur cukup selama 6-8 jam, ketika saya nggak tidur nyenyak, jerawat akan lebih mudah datang dan kulit saya pun jadi bermasalah. Apalagi ketika tubuh kita tidur atau beristirahat, kulit kita kan juga ikut beristirahat, begitu pula sebaliknya.

4. Biasakan Mencuci Tangan Sebelum Menyentuh Wajah

Tips Supaya Kulit Wajah Bebas dari Maskne dari Bioderma

Menyentuh wajah dengan tangan kotor—bahkan sebelum adanya pandemi Covid-19, adalah salah satu penyebab munculnya jerawat yang paling besar. Makanya penting banget untuk membiasakan diri mencuci tangan sebelum menyentuh wajah. Apalagi kalo kamu juga punya tangan yang sering ‘gatal’ ingin menyentuh wajah setiap saat seperti saya. Saya yakin, ini sama sekali nggak gampang. Awalnya saya juga susah banget menghentikan kebiasaan menyentuh wajah ini. :”)

Akan tetapi, selama masa pandemi saya jadi belajar untuk membiasakan diri mencuci tangan sesering mungkin, terlebih sebelum menyentuh wajah. Nggak hanya bisa menghindarkan kulit wajah dari jerawat, tapi juga bisa menghindarkan kita dari Covid-19. Jadi, jangan lupa cuci tangan sebelum menyentuh wajah, ya.

5. Bersihkan Wajah Sebelum dan Sesudah Memakai Masker

Tips Supaya Kulit Wajah Bebas dari Maskne dari Bioderma

Salah satu kunci untuk menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari maskne adalah membersihkan wajah sebelum dan sesudah memakai masker secara rutin. Sebelum bepergian keluar rumah dan memakai masker, pastikan kulit wajah kita bersih. Dan sebagai pemilik kulit sensitif, saya menggunakan Sensibio H2O Micellar Water dari Bioderma untuk membersihkan kulit wajah saya dari berbagai kotoran dan mikro partikel yang nggak kelihatan sekalipun. Bahkan ketika berada di rumah, saya selalu membersihkan wajah dengan pembersih wajah ini karena wajah kita juga tetap kotor walaupun kita nggak ke mana-mana, lho.

Selama 1 bulan belakangan, saya membiasakan diri membersihkan wajah sebelum dan sesudah memakai masker menggunakan Sensibio H2O Micellar Water yang begitu lembut di kulit saya. Di tengah pandemi Covid-19 dan cuaca yang nggak menentu, Sensibio H2O Micellar Water sangat membantu saya dalam menjaga kulit wajah supaya bebas dari maskne.

6. Minum Air Putih yang Banyak

Tips Supaya Kulit Wajah Bebas dari Maskne dari Bioderma

Dengan cuaca sekarang yang benar-benar nggak bisa diprediksi, kulit wajah saya jadi semakin mudah bermasalah. Mulai dari komedo, jerawat, hingga purging… kenyang, deh. Dan untuk memastikan supaya kulit wajah saya tetap sehat dan bebas dari maskne, saya selalu minum air putih yang banyak sekitar 4-5 liter per hari. Jika kamu nggak terbiasa minum sebanyak saya, minum 2-3 liter per hari juga sudah cukup, kok. ☺

Terutama ketika berada di luar selama masa New Normal seperti sekarang, saya yakin banyak dari kita yang sering malas minum air putih yang banyak. Kalo di rumah saja sih mudah, tapi kalo di luar rumah, kita jadi sering malas untuk minum air putih yang banyak. Meski demikian, saya bisa jamin kalo minum air putih yang banyak memberikan banyak manfaat bagi kita, terutama untuk tubuh dan juga kulit wajah. Selain bebas dari maskne, kulit kita pun akan jadi lebih lembab dan terhidrasi. Jadi, nggak ada salahnya lho dicoba. ☺

7. Gunakan Pelembab yang Dapat Menghidrasi Kulit

Tips Supaya Kulit Wajah Bebas dari Maskne dari Bioderma

Selain membersihkan wajah sebelum dan sesudah memakai masker menggunakan Sensibio H2O Micellar Water, saya juga selalu membiasakan diri untuk menggunakan pelembap berbahan dasar air yang ringan, seperti toner namun dapat benar-benar menghidrasi kulit saya. Soalnya, minum air putih yang banyak saja ternyata nggak cukup. Apalagi cuaca yang nggak bisa diprediksi benar-benar bikin kulit jadi menderita. ☹ Dan sebagai orang yang nggak suka ribet, saya lebih suka menggunakan pelembap yang ringan dan nyaman di kulit. Menjaga hidrasi kulit juga berperan penting untuk meminimalisir efek gesekan yang terjadi antara masker dan wajah. Sehingga maskne dapat dicegah jika kulit kita selalu lembap.

Saya sendiri menggunakan Hydrabio Essence Lotion yang juga dari Bioderma setelah menggunakan Sensibio H2O Micellar Water untuk memastikan kulit saya tetap lembap dan cerah sepanjang hari di manapun saya berada. Toner ini sama sekali nggak ‘berat’ di kulit dan rasanya seperti nggak pakai apapun di kulit wajah saya. Selain itu, kulit saya pun bisa bebas dari maskne dengan menggunakan Hydrabio Essence Lotion ini.

8. Jalankan Gaya Hidup Sehat

Tips Supaya Kulit Wajah Bebas dari Maskne dari Bioderma Tips Supaya Kulit Wajah Bebas dari Maskne dari Bioderma

Selain tidur cukup dan berkualitas, penting bagi kita untuk menjalankan gaya hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi dan berolahraga secara teratur. Dan dari pengalaman saya, percuma saja kita tidur cukup dan rutin merawat kulit wajah kalo gaya hidupnya masih nggak sehat. Karena pola makan dan olahraga juga turut menentukan munculnya jerawat di kulit wajah kita. :”)

Susah, ya? Saya yakin pasti susah, tapi nggak ada yang sia-sia, kok… Apalagi kalo semuanya demi kesehatan kita—baik kesehatan tubuh, maupun kesehatan kulit wajah. Demi bebas maskne, tentunya ada usaha yang harus dilakukan, kan? 😀

Tips Supaya Kulit Wajah Bebas dari Maskne dari Bioderma Tips Supaya Kulit Wajah Bebas dari Maskne dari Bioderma

Kalo kamu sendiri gimana? Gimana caramu supaya kulit wajah bebas dari maskne di era New Normal seperti sekarang? Yuk, rawat wajah kita dengan menggunakan masker yang bersih, menjalankan gaya hidup sehat serta  menggunakan skincare yang tepat untuk kulit kita, seperti Sensibio H2O Micellar Water dan Hydrabio Essence Lotion. Stay safe and healthy!

Written by
Sefin
Join the discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

TheJournale