Mari Dukung Sanitasi Bersih Demi Hidup Sehat

Mari Dukung Sanitasi Bersih Demi Hidup Sehat

Saya sudah cukup sering membahas soal kesehatan, tapi selama ini saya lebih fokus ke makanan sehat dan olahraga. Atau mungkin kaitannya dengan penyakit-penyakit kritis. Namun ternyata, ada satu hal yang luput dari perhatian saya, yaitu perkara akses toilet dan sanitasi. Saya sering lupa bahwa akses toilet dan sanitasi yang bersih yang saya miliki selama ini adalah kemewahan. Karena kenyataannya, berdasarkan data WHO/UNICEF pada tahun 2012, Indonesia merupakan negara kedua terbesar di dunia dimana penduduknya masih mempraktekan Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Fakta ini tentu membuat saya khawatir, apalagi akses toilet dan sanitasi yang bersih menjadi salah satu faktor terpenting yang menjadi penentu kesehatan.

Pada 31 Januari 2020 yang lalu, saya diajak Harpic untuk mengenal lebih jauh kampanye “Aksi Toilet Bersih” dimana Harpic mengajak masyarakat untuk berkontribusi dalam memberikan akses terhadap toilet yang lebih bersih kepada masyarakat yang membutuhkan. Apalagi, menurut data STBM, 4,5 juta rumah tangga di Pulau Jawa-pun masih mempraktekan BABS. Dan Harpic, pembersih toilet yang diproduksi dan dipasarkan oleh Reckitt Benckiser berkomitmen untuk mengentaskan permasalahan BABS di Pulau Jawa pada tahun 2025.

Mari Dukung Sanitasi Bersih Demi Hidup Sehat

Mari Dukung Sanitasi Bersih Demi Hidup Sehat

Setiap jamnya, 17 anak-anak di bawah 10 tahun meninggal karena lingkungan yang tercemar. BABS harus segera dientaskan demi Indonesia yang lebih bersih dan sehat.

Mari Dukung Sanitasi Bersih Demi Hidup Sehat

Nggak hanya memulai gerakan “Aksi Toilet Bersih” saja, Harpic pun turut mengajak beberapa partner, yaitu Water.org, SATO, dan Koperasi Simpan Pinjam Mitra Dhuafa (KOMIDA) untuk bekerja sama mengedukasi tentang pentingnya hidup bersih dengan dan memiliki toilet dan sanitasi layak kepada masyarakat di Indonesia.

Menurut Don Johnston, Operations Director Water.org Indonesia, Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia dimana hampir 28 juta orang Indonesia kekurangan air bersih, dan 71 juta orang nggak memiliki akses ke fasilitas sanitasi yang lebih baik. Sedih nggak, sih?

Dan kenyataannya, sambungan atau sumur air baru dan toilet yang lebih baik nggak dapat dijangkau jutaan keluarga Indonesia yang berpenghasilan rendah,  sehingga dibutuhkan bantuan investasi dari berbagai pihak agar akses untuk air bersih dan sanitasi yang baik itu dapat dijangkau lebih banyak masyarakat. Water.org Indonesia pun dengan senang hati menyambut kerjasama dengan Harpic yang sudah menunjukkan komitmen dan misinya untuk memberikan akses toilet dan air bersih kepada masyarakat yang lebih luas.

Mari Dukung Sanitasi Bersih Demi Hidup Sehat

Dalam kampanye “Aksi Toilet Bersih”, Harpic juga turut menggandeng Darius Sinathrya yang juga memberi perhatian khusus terhadap kebersihan toilet. “Toilet nggak hanya sekedar tempat pembuangan, lebih dari itu, jika toilet tidak bersih dan higienis, akan banyak kuman penyebab penyakit yang bersarang. Banyak saudara-saudara kita yang belum memiliki akses terhadap toilet dan sanitasi layak, menyebabkan maraknya buang air besar sembarangan yang membuat mereka, khususnya anak-anak menjadi rentan terserang penyakit. Apa yang akan terjadi di masa depan jika kesehatan para generasi penerus ini terganggu disebabkan oleh toilet dan sanitasi yang buruk? Ini merupakan pekerjaan kita bersama untuk membantu dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya memiliki akses toilet dan sanitasi yang bersih dan higienis,” ujar Darius. Apalagi, Darius sendiri merupakan seorang bapak 3 anak, aktor, dan
presenter olahraga terkemuka di Indonesia. Sebagai figur publik, amat penting bagi Darius untuk memberikan contoh bagi anak-anaknya dan masyarakat Indonesia secara luas. 🙂

Mari Dukung Sanitasi Bersih Demi Hidup Sehat

Dalam acara tersebut, nggak hanya diskusi saja, saya beserta teman-teman blogger dan media yang hadir juga turut menyaksikan demo produk supaya kami bisa benar-benar melihat keunggulan produk Harpic. Terlebih, Harpic sendiri sudah 100 tahun  dikenal sebagai produk pembersih toilet di banyak negara di dunia.

Nggak hanya itu, Harpic pun senantiasa mengedukasi konsumen supaya memiliki kebiasaan membersihkan toilet sehingga toilet rumah menjadi bersih, harum, dan terhindar dari kuman. Ini salah satu kunci kebersihan yang sangat penting!

Kami diajak berkenalan Harpic Power Plus yang merupakan salah satu produk unggulan Harpic, yaitu produk pembersih untuk semua masalah kebersihan toilet. Nggak seperti pembersih biasa, Harpic Power Plus mampu menghilangkan noda membandel, membunuh kuman (bakteri S. aureus, E. coli, P. aeruginosa), serta memberikan keharuman untuk toilet dan kamar mandi. Formula kental yang dimiliki oleh Harpic Power Plus mampu menghilangkan noda kuning 10X lebih baik, sehingga toilet bersih total, higienis, dan harum segar. Keren banget produknya. 😀

Mari Dukung Sanitasi Bersih Demi Hidup Sehat

Selain menggandeng Water.org Indonesia, Harpic juga turut menggandeng Koperasi Simpan Pinjam Mitra Dhuafa (KOMIDA) dan SATO. Berdasarkan data KSP Mitra Dhuafa (KOMIDA), dari 735.957 anggota yang tersebar di 287 kabupaten dan daerah di Indonesia, hanya 551.435 anggota yang memiliki toilet dan septictank. Sedangkan ada 105.821 anggota yang memiliki toilet namun nggak tersambung septictank dan 78.701 anggota yang belum memiliki toilet. Begitu dengar fakta ini, saya terkejut banget karena nggak sadar bahwa selama ini, toilet dengan septictank yang saya pakai di rumah ternyata merupakan fasilitas dan sebuah privilese yang nggak dimiliki oleh banyak masyarakat di Indonesia.

Mari Dukung Sanitasi Bersih Demi Hidup Sehat

Mari Dukung Sanitasi Bersih Demi Hidup Sehat

Jujur saya salut banget sih dengan usaha Harpic dalam kampanye “Aksi Toilet Bersih”, juga usaha Water.org Indonesia, KOMIDA, dan SATO yang bisa bekerja sama saling bahu-membahu untuk membantu Indonesia menjadi negara yang lebih baik. Sudah waktunya lebih banyak masyarakat memiliki akses toilet dan sanitasi yang bagus. Semoga nantinya toilet dan septictank bukan lagi menjadi privilese, tapi sudah menjadi sarana wajib untuk menjaga kesehatan masyarakat serta menjaga lingkungan di Indonesia. 🙂

Mari Dukung Sanitasi Bersih Demi Hidup Sehat

Dan tepatnya pada Hari Toilet Sedunia, 19 November 2019, Harpic merayakan hari tersebut dengan memulai gerakan untuk melawan BABS di Indonesia. “Kampanye ini tidak hanya sekadar membeli dan mendonasikan produk, namun juga sebagai gerakan peningkatan kesadaran akan pentingnya akses sanitasi layak bagi kesehatan masyarakat. Dengan turut serta dalam kampanye ini, masyarakat tak hanya mendapatkan toilet rumah yang 10 kali lebih bersih namun secara bersamaan berkotribusi untuk memberikan akses terhadap toilet dan sanitasi bersih bagi saudara kita yang membutuhkan,” ujar Luis Ramirez, Marketing Director Reckitt Benckiser Hygiene Home Indonesia.

Mari Dukung Sanitasi Bersih Demi Hidup Sehat

Kalo kamu mau turut mendukung kampanye “Aksi Toilet Bersih” dari Harpic, kamu hanya perlu membeli dua produk Harpic untuk membersihkan toilet rumah melalui e-commerce Shopee dan Lazada. Dengan membeli produk Harpic, kamu berkesempatan untuk menyumbangkan 1 produk Harpic bagi mereka yang membutuhkan akses terhadap toilet bersih. Salut banget sama Harpic, semoga permasalahan BABS dan sanitasi di Indonesia bisa segera diataskan. Semuanya demi Indonesia yang lebih bersih dan sehat. 🙂

Mari Dukung Sanitasi Bersih Demi Hidup Sehat

Written by
Sefin
Join the discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 comments
TheJournale