Cerita Ekskul di Masa Sekolah

Cerita Ekskul di Masa Sekolah

Ngomongin soal ekstrakurikuler atau ekskul di masa sekolah, buat saya nggak ada habisnya. Seru dan cukup bermacam-macam nih ekskul yang pernah saya ikuti di masa sekolah, mulai dari ekskul tari tradisional, jurnalistik, pramuka, fotografi, voli, hingga paduan suara (padus). Dari ekskul, saya bisa belajar banyak hal banget yang nggak terlupakan sampai sekarang. Apalagi, masa-masa sekolah adalah salah satu masa terbaik di mana otak kita menyerap ilmu dengan mudah dan optimal. Di postingan blog ini, saya mau cerita tentang ekskul yang saya ikuti di masa sekolah. 🙂

Dari berbagai ekskul yang pernah saya ikuti selama masa sekolah, yang paling berkesan menurut saya adalah ekskul padus. Saya mengikuti ekskul padus saat SMP dan SMA. Kebetulan, kedua orangtua saya memang hobi menyanyi baik almarhum Papa maupun Mama. Bahkan katanya, almarhum Kakek (ayah dari Papa) juga suka sekali menyanyi, bahkan fasih menyanyikan macam-macam lagu dalam berbagai bahasa.

Kalo menyanyi sendiri sih, jujur saya nggak terlalu pede, tapi kalo bernyanyi dalam sebuah kelompok padus tuh rasanya lain banget dan amat menyenangkan. Saat SMP, kelompok padus kami selalu mengadakan konser amal tahunan di mana karena keceriaan saya dalam bernyanyi, saya selalu ditempatkan paling depan. Kata pelatih padus saya dulu, saya contoh yang baik karena bisa bernyanyi dengan begitu cerita serta mata yang berbicara dan berbinar. Hehe…

Selama bergabung dalam kelompok padus SMP, terutama dalam mempersiapkan konser amal, saya memperoleh ilmu kepemimpinan atau leadership, terutama karena saya sering diminta bantuan oleh pelatih untuk mengajarkan anggota kelompok lainnya tentang bagaimana caranya bernyanyi dengan penuh semangat dan bernyanyi dengan hati. 🙂 Selain itu, bergabung dengan kelompok padus SMP juga membantu saya meningkatkan kepercayaan diri.

Cerita Ekskul di Masa Sekolah
Source: https://www.freepik.com/premium-vector/groups-school-children-singing-choir_2344970.htm#page=1&query=school+choir&position=20

Di jenjang pendidikan berikutnya, saat SMA, saya juga bergabung dengan kelompok padus. Seingat saya, padus sebenarnya bukan bagian dari ekskul tapi merupakan kegiatan tambahan di mana pelatihnya yang merupakan seorang guru agama–memilih sendiri para anggota padusnya. Saya beruntung banget karena bisa dipilih, apalagi saya memang suka sekali bernyanyi dalam sebuah kelompok padus.

Menjadi anggota kelompok padus SMA juga turut mengasah kemampuan leadership saya. Bahkan saya dan seorang teman pernah dipilih mewakili kelompok padus untuk mengikuti LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) dari yayasan dengan sekolah-sekolah lain yang berada dalam naungan yayasan sekolah kami. Kami bertemu dengan teman-teman baru dan belajar ilmu leadership yang sesungguhnya. 🙂

Nggak hanya mengikuti LDK saja, selama bergabung dengan kelompok padus SMA, kami juga sempat mengikuti beberapa lomba padus. Lagi-lagi, karena keceriaan saya dalam bernyanyi, saya dipilih untuk bisa membantu teman-teman yang masih gugup saat tampil dan membantu mencairkan suasana. Saya selalu ditempatkan di posisi depan. :”D Jujur, saya sendiri juga punya rasa gugup, tapi karena dipilih untuk memimpin, saya berusaha mengalahkan rasa gugup dan takut yang saya miliki saat bernyanyi dalam kelompok padus supaya saya dan teman-teman sekelompok bisa bernyanyi dengan penuh semangat. 🙂 Dan nggak sia-sia, kami pun pernah memenangkan sebuah lomba padus yang membuat kami girang bukan main. 😀

Dari ekskul padus yang saya ikut selama SMP dan SMA, saya belajar banyak tentang leadership skill juga performing skill. Saya belajar meningkatkan kepercayaan diri saya untuk tampil di depan umum, serta bagaimana caranya meningkatkan kepercayaan diri teman-teman dalam kelompok, terutama saat kami harus tampil bersama-sama di depan umum. Kemampuan tersebut saya aplikasikan selama kuliah–ketika saya ada lomba kesenian di kampus bersama teman-teman jurusan, juga saat saya bekerja sampai sekarang. Saya belajar bagaimana caranya menjadi seorang pemimpin yang kreatif, ceria, dan bisa memberi semangat bagi tim. 🙂

Kalo kamu gimana nih, apa ekskul yang kamu ikuti selama sekolah dulu? Adakah ilmu tentang leadership yang kamu pelajari juga? Terima kasih sudah mampir dan membaca postingan blog ini, ya! Sampai jumpa lagi. 😀

Written by
Sefin
Join the discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

TheJournale