Belajar Dari Rumah: Kursus Creative Writing dari TBI Malang

Belajar Dari Rumah: Kursus Creative Writing dari TBI Malang

Saya bersyukur karena masa pandemi Covid-19 bikin saya jadi semakin produktif dan positif meski di rumah aja. Saya banyak mengikuti kelas-kelas daring atau kelas online, sehingga saya bisa tetap belajar dari rumah. Salah satu kelas online yang baru-baru ini saya ikuti adalah Online Short Course of Creative Writing dari The British Institute (TBI) cabang Malang. Bersama 9 teman-teman blogger dari Komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur), saya belajar creative writing selama 3 hari berturut-turut.

Berlangsung pada tanggal 21, 23, dan 24 September 2020, kami belajar dari rumah melalui platform Google Classroom dan ZOOM selama kurang lebih dua jam setiap harinya dengan pengajar dari TBI Malang. Karena sejak kecil saya suka sekali menulis, saya bersemangat sekali dalam mengikuti kursus online tersebut. Meski saya sendiri sudah pernah belajar creative writing di masa kuliah dan juga saat les Bahasa Inggris di masa SMA, saya tetap tertarik untuk mengikuti kursus tersebut karena sudah lama sekali saya nggak menulis kreatif dalam Bahasa Inggris.

Belajar Dari Rumah: Kursus Creative Writing dari TBI Malang

Pada kelas pertama, kami diajar oleh Mr. Ryan yang berasal dari Australia dan sudah menetap cukup lama di Kota Malang, Jawa Timur. Bisa dibilang, kelas tersebut adalah kelas pemanasan dan juga kelas perkenalan di mana kami bermain sambil belajar, tapi juga tetap mengerjakan soal dan berlatih creative writing. Di awal kelas, kami saling memperkenalkan diri dengan satu sama lain, kemudian bermain kuis alfabet dalam Bahasa Inggris.

Setelahnya, kami diajak mempelajari beberapa paragraf singkat dari 2 travel blog serta menjawab beberapa pertanyaan terkait bacaan tersebut. Di akhir kelas, kami diminta untuk menuliskan 2-3 paragraf singkat tentang perjalanan yang pernah kami lalui. Bagi saya sendiri, kelas pertama cukup seru dan berhasil bikin kami–murid-murid kelas creative writing menjadi lebih santai dan terbuka dalam belajar. 🙂

Belajar Dari Rumah: Kursus Creative Writing dari TBI Malang
Kelas Creative Writing bersama TBI Malang.

Kelas kedua dan ketiga diajar oleh Miss Mega yang tengah berada di Bali. Pada kelas kedua, kami diajak untuk saling membaca dan memberikan pendapat tentang travel blog singkat yang telah ditulis teman-teman sekelas di hari pertama. Membaca tulisan teman-teman ternyata seru sekali dan ceritanya begitu beragam. 😀 Walaupun mungkin masih ada beberapa kesalahan di grammar, menurut saya sih itu wajar banget dan masih bisa diperbaiki dan ditingkatkan sambil terus berlatih. Harus tetap semangat nih belajar dari rumah! 😉

Usai membahas travel blog, kami kemudian diajak untuk membaca dan memahami restaurant review. Ini juga nggak kalah menarik, apalagi sebagai blogger, kami seringkali mendapatkan job untuk membuat ulasan atau review. Di akhir kelas, kami kemudian diajak untuk membuat catatan-catatan kecil tentang sebuah restoran yang ingin kami buat ulasannya dalam Bahasa Inggris.

Pada kelas ketiga atau kelas terakhir, kami membahas catatan-catatan kecil tentang restoran yang telah kami pilih masing-masing. Setelahnya, kami diajak untuk mengerjakan soal-soal tentang cara menuliskan restaurant review yang baik. Di akhir kelas, kami kemudian diberikan tugas untuk menuliskan sebuah restaurant review lengkap dalam beberapa paragraf. Miss Mega kemudian memberikan penilaian hingga keesokan harinya untuk 10 tulisan kami. Saya sendiri menuliskan tentang sebuah kios bakso favorit saya: Bakso JKW yang berada dekat rumah. Di bawah ini adalah tulisan saya:

Belajar Dari Rumah: Kursus Creative Writing dari TBI Malang

Belajar Dari Rumah: Kursus Creative Writing dari TBI Malang

Bagaimana menurut kamu hasil tulisan saya? Hehehe… Secara keseluruhan, saya senang banget bisa dapat kesempatan untuk mengikuti kelas creative writing dari TBI Malang bareng 9 teman-teman dari Komunitas ISB. Untuk pemula, menurut saya sudah cukup banyak materi ilmu creative writing yang diajarkan. Meski demikian, saya merasa durasi 2 jam untuk setiap kelasnya terlalu singkat, apalagi terkadang ada kendala koneksi internet. Mungkin akan lebih pas bila durasi per kelasnya menjadi 3 jam. 🙂

Nah, buat teman-teman yang tertarik memperdalam kemampuan Bahasa Inggris, kalian bisa langsung cek The British Institute (TBI) yang memang sudah hadir di Indonesia sejak 18 Februari 1984 dan kualitas pendidikannya nggak usah dipertanyakan lagi. Walaupun mungkin banyak yang bilang Bahasa Inggris itu sangat mudah untuk dipelajari secara otodidak dan nggak perlu ambil kursus, sebagai lulusan Sastra Inggris sih saya tetap merasa belajar Bahasa Inggris secara formal itu penting. Saya sendiri merasa amat terbantu dengan ilmu Bahasa Inggris yang pernah saya pelajari saat kursus semasa SMA dan juga di masa kuliah. Nggak menyesal sekali dan sangat bermanfaat!

Buat kalian yang berdomisili di Malang, bisa langsung cek TBI Malang yang berlokasi Jalan Soekarno Hatta Kav A2 dan dekat sekali dengan Universitas Brawijaya Malang,  Politeknik Negeri Malang, dan Universitas Negeri Malang. Kalian pun bisa memilih sistem pembelajaran face-to-face/offline learning maupun online learning di mana kalian juga bisa belajar dari rumah seperti saya dan teman-teman peserta kelas creative writing kemarin.

Belajar Dari Rumah: Kursus Creative Writing dari TBI Malang
Source: https://www.freepik.com/premium-vector/english-word-education-banner_5331275.htm#page=1&query=english%20class&position=11

Jadwal kelas yang tersedia di TBI Malang juga amat bervariasi dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan karena TBI memiliki kelas dari Senin sampai dengan Sabtu mulai pukul 10.00 – 21.00. Biaya kursusnya pun cukup terjangkau. Tenaga pengajar yang ada di TBI Malang ada yang asing (native speaker) dan juga lokal, di mana semuanya sangat berpengalaman dan memiliki standar kualifikasi serta sertifikasi Internasional.

Nggak hanya itu, TBI Malang juga telah menjadi tempat kursus Bahasa Inggris yang sangat terpercaya untuk persiapan tes IELTS dan TOEFL. Metode dan materi pengajaran yang diterapkan juga up-to-date. Bahkan, ada banyak perusahaan, institusi, serta beberapa universitas di Malang yang mempercayakan TBI Malang. Dengan penerapan sistem pengajaran yang praktis, relevan, menyenangkan dan dinamis, TBI Malang juga menyediakan Practice Test TOEFL yang bisa digunakan oleh beberapa universitas di Malang.

Belajar Dari Rumah: Kursus Creative Writing dari TBI Malang
Source: https://www.freepik.com/premium-vector/learning-foreign-languages-concept-tiny-people-with-english-dictionary-books_5338733.htm

TBI Malang sendiri memiliki beberapa program kelas yang tersedia:

    • Children
    • Pre Teen
    • Teen
    • Global English
    • Exam Preparation for TOEFL or IELTS test
    • In-House Training / Private Class
    • Online Learning

Selama hadir di Kota Malang, TBI Malang juga telah aktif dalam berbagai aktivitas, seperti mendukung acara-acara pendidikan, pentas seni, bundling program, dll. TBI Malang juga selalu memiliki promo spesial (Back to School, Back to Campus, TBI Anniversary, dan Year End), serta All Year Programme (Pay one level get special discount, harga khusus untuk anggota keluarga, group promo, dll). Secara rutin, TBI Malang pun memberikan workshop gratis untuk sekolah, perusahaan, universitas, dan lembaga-lembaga pemerintahan maupun pendidikan, serta aktif melakukan pameran di mall-mall, sekolah dan universitas.

Belajar Dari Rumah: Kursus Creative Writing dari TBI Malang
Source: https://www.freepik.com/free-photo/crop-students-desktop_1308487.htm#page=1&query=creative%20writing%20class&position=4

Saat ini, TBI Malang memiliki promo “Back to Campus” dengan diskon spesial 20% + lucky dip (Study Voucher, Merchandise, dll) khusus di bulan September 2020.

Untuk info lebih lanjut terkait promo tersebut, bisa langsung menghubungi TBI Malang ya:

Nomor telepon: (0341) 438 – 2561

WhatsApp: 0822-4517-7344

Email: info.malang@tbi.co.id

Website: www.tbi.co.id

Instagram: @tbi_malang

Facebook: The British Institute Malang

Dan buat kalian yang berdomisili di luar Kota Malang, bisa langsung ke cabang TBI terdekat yang di bawah ini ya:

    • Jakarta: Pondok Indah, Kuningan, dan Kelapa Gading
    • Cibubur
    • Depok
    • Tangerang: BSD dan Gading Serpong
    • Bandung:  Dago, Festlink, dan Jatinangor

Yuk, belajar dari rumah juga! Ayo tingkatkan kemampuan Bahasa Inggris dengan mengikuti kursus dari TBI. 🙂

Terakhir, terima kasih banyak untuk Komunitas ISB dan TBI Malang atas kesempatannya sehingga saya bisa belajar dari rumah dan mengikuti kursus creative writing dari TBI Malang. Stay safe and healthy, everyone! Take care! 😀

Written by
Sefin
Join the discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

TheJournale