Persiapkan Hal Ini Sebelum Belajar dari Orang Lain

Persiapkan Hal Ini Sebelum Belajar dari Orang Lain

Berapa banyak webinar dan Instagram Live edukatif yang kamu ikuti selama karantina? Selama di rumah aja, saya belajar banyaaak banget hal baru dan bahkan hal-hal yang sebelumnya sudah pernah saya ketahui dari berbagai webinar dan Instagram Live. Rata-rata, ilmu yang saya dapatkan berasal dari orang lain, bahkan orang-orang yang nggak pernah saya kenal. Saat belajar hal dan ilmu baru dari orang lain, nggak jarang saya menemui beberapa kendala. Nah, melalui postingan blog ini, saya mau share tentang hal-hal yang menurut saya penting untuk dipersiapkan sebelum belajar dari orang lain.

Pernah dengar nggak, ungkapan “Kita cenderung lebih sok tahu atau sok pintar ketika mempelajari hal baru.”? Saya sendiri pun pernah mengalami–momen ke-sotoy-an ketika belajar dari orang lain tentang hal baru atau hal-hal yang sudah sedikit saya ketahui. Dari pengalaman saya, momen ini bisa terjadi ketika saya merasa saya lebih pintar dari orang lain, saya nggak suka ‘digurui’, dan ketika saya baru mengetahui sedikit tapi sudah merasa seperti menguasai dunia. Hehehe… Momen sotoy ini pun akhirnya bikin saya malu sendiri. Apalagi, semakin kita banyak tahu atau semakin banyak kita belajar, ada semakin banyak hal yang belum kita ketahui. Di atas langit masih ada langit. Sepintar apapun saya merasa, saya nggak boleh jumawa dan harus sadar bahwa masih ada banyak orang yang jauh lebih pintar dari saya. :”D

Persiapkan Hal Ini Sebelum Belajar dari Orang Lain
Source: https://www.freepik.com/premium-vector/realistic-empty-glass-with-water-cup-set_4036160.htm#page=1&query=empty%20glass&position=5

Supaya terhindar dari momen sotoy atau peristiwa lainnya yang malah bikin proses belajar dari orang lainnya jadi nggak menyenangkan, saya biasanya mempersiapkan beberapa hal ini:

  • Mood yang baik

Setelah saya telaah, momen sotoy biasanya terjadi karena mood dan emosi saya sedang nggak stabil atau nggak baik. Misalnya hari itu hectic banget atau padat banget yang bikin saya kelelahan lahir-batin, kalo saya nggak mempersiapkan diri dan langsung belajar gitu aja pastinya jadi gampang bete pas belajar. Sebelum mengikuti webinar atau Instagram Live edukatif, biasanya saya mandi dulu atau minum air hangat supaya lebih rileks.

  • Mengosongkan ‘gelas’

Istilah ini mungkin sering banget didengar, tapi mengosongkan ‘gelas’ atau mengosongkan ‘isi kepala’ menurut saya adalah hal yang paling penting untuk dipersiapkan sebelum belajar dari orang lain.  Apalagi, kalo kita cukup dekat atau cukup mengenal orang yang akan mengajar kita dalam kehidupan sehari-hari. Kalo kita sudah cukup kenal dengan si pengajar, kita tentu sudah punya persepsi dan opini subjektif tentang orang tersebut, sehingga bikin kita jadi punya pemikiran bias. Kita mungkin banget jadi mikir kayak gini: “Dia beneran paham topik ini nggak, ya?” atau “Dia kan kalo ngomong sering muter-muter, nanti dia jelasinnya kayak gimana dong?”

Sebelum belajar sesuatu dari orang lain, saya biasa mengosongkan gelas dengan membayangkan diri saya seperti selembar kertas putih bersih yang benar-benar kosong. Saya memposisikan diri saya sebagai seorang murid yang benar-benar bodoh dan nggak tahu apa-apa, seperti seorang anak kecil ketika pertama kalinya belajar di sekolah atau mempelajari hal baru. Dengan begitu, pikiran saya juga jadi lebih clear dan saya pun jadi lebih antusias saat belajar dari orang lain.

Meski demikian, saya paham betul bahwa mengosongkan gelas sebelum belajar dari orang lain memang nggak segampang itu. Apalagi kalo pikiran lagi mumet. Jika mengosongkan gelas secara langsung nggak memungkinkan, saya biasa mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan, hal-hal yang bikin saya penasaran serta hal-hal yang ingin saya pelajari saat proses belajar dari orang lain tersebut. Dengan begitu, saya jadi menyadari dan mengetahui hal-hal apa saja yang belum saya ketahui sehingga bisa saya tingkatkan saat belajar.

  • Meningkatkan rasa ingin tahu

Sebenarnya, meningkatkan rasa ingin tahu bisa dibilang merupakan bagian dari proses mengosongkan gelas sebelum belajar dari orang lain. Dari pengalaman saya, ketika saya meningkatkan rasa semakin ingin tahu, semakin objektif pemikiran saya pada sesuatu. Semakin saya ‘haus’ dalam belajar, saya juga akan semakin antusias saat belajar sehingga proses belajar dari orang lain juga lebih menyenangkan. Salah satu cara meningkatkan rasa ingin tahu yang sering saya lakukan adalah dengan banyak membaca tentang topik yang akan dipelajari dari orang lain tersebut.

Nah, jadi menurut saya, sebelum belajar dari orang lain, penting banget nih untuk mempersiapkan mood yang baik, mengosongkan gelas, serta meningkatkan rasa ingin tahu yang ada dalam diri saya. Bagi saya, penting banget untuk menjadi seorang murid yang objektif dan antusias saat belajar dari orang lain. Kalo kamu gimana, punya tips nggak untuk mempersiapkan diri saat belajar dari orang lain? Boleh dong, share di kolom komentar postingan blog ini. 🙂

Terima kasih ya sudah mampir ke postingan blog ini dan meluangkan waktu untuk membaca. Semoga tips dari saya bermanfaat, ya. Mari terus belajar dan bertumbuh! 😀

Written by
Sefin
TheJournale