Lifestyle Other Journals Reviews Sponsored Posts Travel

Tips Klaim Travel Insurance yang Efektif

Saya sukaaa banget traveling. Tapi sesuka-sukanya saya sama traveling, saya masih sering ngerasa takut. Takut kenapa-napa waktu traveling, takut pesawatnya delay, takut bagasi hilang, takut sakit, pokoknya sering banyak takutnya deh. Dari ketakutan-ketakutan inilah orang akhirnya menyarankan untuk membeli travel insurance atau asuransi perjalanan sebelum traveling supaya lebih aman dan tenang aja selama traveling. 

Jadi 11 Oktober 2017 kemarin, saya bareng temen-temen blogger yang suka traveling dan temen-temen media ikutan acara diskusi soal “Tips Cara Pengajuan Klaim Asuransi Perjalanan yang Efektif” yang diadain oleh Mobil123.com dan MSIG. Nah, buat saya sih ini penting banget. Karena saya tau banget gimana saya pernah kena pesawat delay semalaman di Bandara Doha, Qatar ketika terbang sendirian, lalu gimana temen-temen saya ngalamin kejadian nggak enak saat traveling, mulai dari pesawat delay, orang tua yang mendadak sakit stroke waktu lagi traveling sampe harus dirawat sebulan di Eropa, orang tua yang meninggal di Eropa karena sakit waktu lagi business trip, sampai kejadian yang lumayan umum: bagasi hilang.




Sebelum saya mau cerita tentang apa aja yang saya dapat pada diskusi tersebut, saya mau cerita sedikit dulu tentang MSIG. Jadi MSIG ini adalah singkatan dari Mitsui Sumitomo Insurance Group yang kebetulan menjual travel insurance secara online. Dari namanya, mungkin kamu bisa menebak bahwa MSIG ini berasal dari Jepang. Untuk travel insurance-nya sendiri, preminya menurut saya murah banget dengan ada tiga pilihan polis, yaitu polis untuk Leisure Trip (individual), Business Trip, dan Family Trip dimana Leisure Trip ada tipe A, B, C sementara Business Trip dan Family Trip ada tipe A dan B.

Untuk Leisure Trip, preminya dimulai dari Rp 40.000,- saja dan biaya pertanggungannya maksimal Rp 750.000.000,- (semuanya tentu tergantung pada tipe yang diambil, lokasi destinasi, durasi perjalanan, serta luas jaminan). Sementara untuk Business Trip preminya. mulai dari Rp 90.000,- dengan biaya pertanggungan maksimal Rp 1.000.000.000,-(semuanya tentu tergantung pada tipe yang diambil, lokasi destinasi, durasi perjalanan, serta luas jaminan). Dan untuk Family Trip premi dimulai dari Rp 105.000,- dengan biaya pertanggungan maksimal Rp 750.000.000,- (semuanya tentu tergantung pada tipe yang diambil, lokasi destinasi, durasi perjalanan, serta luas jaminan).

Bingung? Apalagi kalo kamu belum punya asuransi sama sekali… wajar banget. Jadi langsung aja deh ke diskusinya. Sebelum diskusi bareng Mobil123.com dan MSIG dimulai, saya dan temen-temen blogger pun diajak makan snack dulu. Lumayan banget, ada risol, brownies, sama nacho chips. Hehehe..

Setelah hampir semua dari kami snacking, diskusi pun dimulai oleh MC cantik yang bernama Aci. Dengan baju merahnya, ia membuka acara secara humoris, yang lumayan bikin kami nggak ngantuk lagi. 😀

Aci membuka acara.

Setelah Aci membuka acara diskusi, Mas Indra dari mobil123.com kemudian memberikan kata sambutan soal diskusi hari itu lalu Pak Bernard dan Pak Henry dari MSIG bergabung ke depan untuk memulai diskusi dimana Mas Indra menjadi moderatornya.

Dari kiri ke kanan: Pak Henry, Mister Sato, Pak Bernard, dan Mas Indra.

Diskusi dibuka dengan bahasan kenapa kita perlu travel insurance. Dan inilah beberapa alasan kenapa kita perlu travel insurance, yaitu untuk mengantisipasi kejadian-kejadian seperti ini:

  1. Perlindungan terhadap perabot rumah tangga karena kebakaran selama dalam perjalanan
  2. Rencana penerbangan ditunda atau bahkan dibatalkan
  3. Kehilangan bagasi, dokumen perjalanan, uang, maupun barang pribadi
  4. Menderita sakit selama di tempat tujuan
  5. Meninggal dunia atau cacat tempat karena kecelakaan

Semua kejadian di atas sih memang menyeramkan, tapi apapun memang bisa terjadi. Saya tau banget gimana temen deket saya papanya harus dirawat di Swiss selama sebulan karena sakit stroke ketika sedang liburan bersama keluarga. Untungnya mereka punya dana yang cukup sehingga papanya bisa kembali ke Indonesia dengan sehat walafiat. Tapi tentunya, kejadian seperti temen saya ini pasti lebih mudah kalo ia dan keluarganya punya travel insurance.

Nggak hanya alasan-alasan di atas tadi aja, traveling ke negara-negara yang masuk dalam kelompok Schengen juga sekarang diwajibkan memiliki travel insurance. Apalagi MSIG memang bisa dibeli untuk perjalanan ke Asia juga seluruh dunia dengan premi yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. 🙂

Dan menurut MSIG sendiri, klaim yang paling sering terjadi adalah klaim pesawat delay, klaim biaya pengobatan karena sakit selama perjalanan, serta klaim kehilangan uang dan barang pribadi. Untuk bisa klaim, kamu juga mesti tau apa saja yang diperlukan. Untuk semua kejadian, kamu harus selalu menyiapkan formulir klaim, polis asuransi, dan kartu identitas. Kamu juga masih perlu menyiapkan hal-hal lain nih untuk klaim kejadian-kejadian berikut ini:

Klaim pesawat delay:

  1. Surat keterangan keterlambatan pesawat delay dari penerbangan
  2. Boarding pass

Klaim biaya pengobatan karena sakit selama perjalanan:

  1. Diagnosa dokter yang menyatakan sejauh mana gangguan fisik atau cidera yang dialami oleh pemegang polis
  2. Bukti Pembayaran
  3. Surat Kuasa apabila klaim diajukan oleh pihak lain selain pemegang polis atau tertanggung

Klaim kehilangan uang dan barang pribadi:

  1. Bukti pembayaran
  2. Laporan kehilangan dari pihak kepolisian

Jadi untuk mempermudah klaim travel insurance selama perjalanan, tentunya kamu harus nyiapin formulir klaim, polis asuransi, dan kartu identitas sebelum traveling. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Satu lagi nih, kejadian yang mungkin terjadi kalo lagi traveling, apabila meninggal di luar negeri. Ini amit-amit banget sih tapi temen saya ada yang ngalamin. Papanya meninggal di Jerman dan karena belum punya travel insurance, porses repatriasi jenazah atau pemulangan jenazah ke Indonesia jadi lama banget.. hampir sebulan! Nah dengan travel insurance, tentunya proses repatriasi jenazah akan lebih mudah karena akan dibantu untuk pengurusannya. Oh iya untuk MSIG sendiri, repatriasi jenazah bisa diklaim bila pemegang polis meninggal karena kecelakaan, ya. Untuk yang meninggal karena sakit, saat ini belum bisa.

Untuk klaim travel insurance dari MSIG sendiri bisa dilakukan dengan dua cara nih:

  1. Layanan 24 jam via Call Center di +62 2927 9631 atau di WhatsApp +62812 9464 4004. Layanannya fast response dan nggak menggunakan mesin.
  2. Via website di https://www.msigonline.co.id

Dan tentunya Pak Bernard dan Pak Henry nggak lupa memberikan tips cara klaim travel insurance yang efektif:

  1. Pahami dan pelajari seluruh manfaat polis asuransi yang kamu beli
  2. Catat dan segera laporkan melalui layanan Call Center apabila terjadi klaim
  3. Lengkapi seluruh dokumen sesuai dengan jenis klaim yang diajukan

Yep, supaya klaimnya bisa berjalan efektif, kamu tentu harus betul-betul paham tentang polis asuransi yang kamu beli dan nggak lupa membawa dokumen yang diperlukan untuk mengajukan klaim. 🙂

Buat saya sendiri, diskusi soal klaim travel insurance yang efektif ini menarik banget karena bikin saya ‘melek’ akan pentingnya travel insurance dan gimana caranya klaim travel insurance bisa efektif jika terjadi hal-hal yang nggak kita inginkan.

Setelah diskusi berlangsung, ada sesi quiz dimana saya menang notebook karena menjawab warna perusahaan MSIG, yaitu biru dongker dan merah. Lumayanlah ya buat nulis draft blog. 😛

Horeee menang kuis!

Oh iya untuk MSIG travel insurance sendiri sekarang cakupannya belum termasuk perjalanan di dalam negeri atau perjalanan domestik, tapi katanya sih bakalan segera launching untuk perjalanan domestik karena izinnya sudah di-approve oleh OJK. Yaaay! Jadi nggak hanya di Asia dan seluruh dunia saja, nantinya kamu juga bisa beli MSIG travel insurance untuk perjalanan di dalam negeri. 😀

Dan kalo kamu mau tau info lebih lanjut soal MSIG travel insurance, kamu bisa langsung main ke website mereka aja ya di: https://www.msigonline.co.id

Setelah acara diskusi, tentunya saya dan temen-temen blogger serta media yang hadir nggak melewatkan sesi foto-foto dan makan-makan!

Terakhir, terima kasih untuk Mobil123.com, MSIG, dan Komunitas ISB yang telah mengajak saya untuk ikutan acara diskusi soal tips cara klaim travel insurance yang efektif. Bermanfaat banget buat saya! Saya jadi makin tau pentingnya travel insurance dan tentunya mau beli MSIG travel insurance di perjalanan ke luar negeri selanjutnya. 😀



You Might Also Like

6 Comments

  • Reply
    Helena
    15 October 2017 at 6:13 am

    Aku tuh ga aware dengan pentingnya travel insurance padahal suka bepergian sendiri. Hampir aja kena scam gitu kan ngeri. Next kalau liburan wajib bekali diri dengan travel insurance.

    • Reply
      Sefin
      15 October 2017 at 10:17 am

      Yes, bener banget Kak! Harus selalu siap dengan travel insurance sebelum traveling, apalagi kalo kita lagi liburan sendiri. Biar aman dan tenang gitu kan waktu liburan. 😀

  • Reply
    Dede Ariyanto
    16 October 2017 at 11:22 am

    Kok sama sih mbak, aku juga suka traveling. Iya juga sih, meski suka traveling kadang suka ngerasa takut gitu yah? Untung udah ada solusinya, asuransi traveling atau perjalanan. Mantap! 😀

    • Reply
      Sefin
      16 October 2017 at 1:53 pm

      Yesss! Traveling hobi yang mendunia tapi tetep seru, ya. Nggak mainstream. 😛 Nahh iya adanya asuransi perjalanan memang ngebantu kita banget sihh selama traveling. 😀

  • Reply
    Tuty Queen
    18 October 2017 at 8:07 pm

    Suka banget travelling, biasanya suka beli asuransi yang dari airline..tapi MSIG Online keren banget ya 3 jam delay udh bisa di klaim.

    • Reply
      Sefin
      22 October 2017 at 9:34 pm

      Nah, iya banget Mbak! MSIG Online emang oke banget deh buat traveling. :”D

    Leave a Reply