Beauty Lifestyle Other Journals Reviews Skincare Sponsored Posts

Belajar Bikin Skincare Organik bareng Skin Dewi

Setelah sebelumnya saya bercerita tentang bagaimana saya berkenalan dengan Skin Dewi di postingan sebelumnya dan sesuai janji saya, di postingan ini saya akan berbagi cerita tentang serunya belajar bikin skincare organik bareng Skin Dewi. Kalo kamu belum tahu banyak soal Skin Dewi, kamu tinggal mampir aja ke postingan saya yang sebelumnya. 🙂

Jadi, sewaktu berkenalan dengan Skin Dewi, memang tujuan utamanya adalah belajar bikin skincare organik. Kalo kata Ci Dewi, bisa dibilang kelas kemarin adalah mini workshop karena biasanya kelas yang diajarnya berlangsung selama 3 hari penuh dari jam 09.00 sampai jam 18.00 dimana jumlah muridnya terbatas banget, hanya bisa maksimal 12 orang. Kalo kamu penasaran sama kelasnya, kamu bisa lihat lebih lanjut di sini. Saya sendiri kepingin banget ikutan dan nabung dari sekarang supaya bisa ikutan kelasnya tahun depan. 😀

Dalam mini workshop tersebut, saya dan temen-temen belajar bikin skincare organik berupa scrub atau lulur! Nah, kami pun dibebaskan nih, terserah mau bikin scrub untuk wajah atau tubuh. Kalo saya sendiri memilih untuk bikin facial scrub demi wajah mulus dan kenyal. Oh iya, facial scrub itu hanya boleh dipakai maksimal seminggu sekali ya. Atau kulit kamu nanti bisa tipis banget, bahkan jadi kayak plastik.

Saat membuat scrub, kami pun diberi dua pilihan, ingin membuat Rosella-Bamboo Scrub yang terbuat dari bunga rosella serta biji bambu atau ingin membuat Coffee Scrub. Manfaatnya sendiri berbeda, nih. Kalo kamu mau bikin facial scrub dan kulit wajahmu sensitif, disarankan untuk nggak memakai kopi karena bahannya yang cenderung keras. Tapi Coffee Scrub ini sendiri cocok banget buat bikin body scrub lho, terutama karena bisa untuk menghilangkan serta mencegah selulit karena kandungan kafeinnya! Nah, tips dari Ci Dewi, kalo mau bikin kopinya, harus digiling dari biji kopi yang coklat. Jangan yang hitam ya, karena semakin gelap warna biji kopi, semakin sedikit kandungan kafeinnya.




Kopi giling produksi Skin Dewi.

Saya sendiri pun akhirnya memilih untuk membuat Rosella-Bamboo Scrub karena katanya bagus untuk mengencangkan kulit dan cocok untuk kulit wajah yang sensitif seperti saya. Ditambah lagi dengan biji bambu yang bagus untuk eksfoliasi kulit. Mantap, deh!

Rosella giling produksi Skin Dewi.

Biji bambu giling produksi Skin Dewi.

Untuk bahan-bahannya sendiri, selain kopi, rosella, dan biji bambu yang sudah digiling, tentunya dibutuhkan Scrub Base. Skin Dewi juga menjual Scrub Base di situsnya kalau kamu tertarik untuk membuat scrub sendiri. 

Scrub Base dari Skin Dewi.

Saat mini workshop, kami belajar bikin scrub organik yang jumlahnya kurang lebih 100gr dan diberikan jar berwarna pink yang menggemaskan banget!

Dan untuk alat-alatnya sendiri, butuh mangkuk stainless (kalau bisa yang ada pegangannya supaya nggak panas), spatula, sendok, whisk atau alat pengocok, serta masker dan sarung tangan karet supaya skincare yang kita buat tetap higienis. 🙂

Alat-alat yang digunakan untuk membuat scrub organik.

Bahan baku organic scrub.

Oh iya, terakhir penting nih untuk menggunakan Essential Oils, terutama untuk memberikan aroma pada scrub kita serta menambahkan manfaat dari essential oils tersebut. Ci Dewi pun memberikan 5 pilihan Essential Oils yang bisa kita pilih atau campur-campur:

  1. Geranium yang bagus untuk menormalkan kondisi kulit yang berminyak serta untuk pegal-pegal (massage)
  2. Palmarosa yang bermanfaat untuk menghilangkan kerut
  3. Sweet Orange yang cocok untuk kulit normal dan berminyak serta menghilangkan kerut
  4. Lavender untuk relaksasi
  5. Lime sangat cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat

Untuk Sweet Orange dan Lime, jika ingin digunakan untuk facial scrub, Ci Dewi menyarankan untuk menggunakan maksimal 5-6 tetes per 100gr scrub karena jika kebanyakan, sifatnya yang phototoxic bisa bikin kulit terbakar saat berada di bawah sinar matahari.

Essential Oils dari Skin Dewi.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat scrub organik.

Pertama, tentunya harus ambil Scrub Base dulu. Nah, jumlah untuk per 100gr Scrub Base ini kurang lebih satu sendok bebek.

Scrub base untuk scrub rosella-bamboo saya.

Selanjutnya, masukkan deh kopi giling atau rosella serta biji bambu. Untuk jumlahnya sendiri, kata Ci Dewi sih bebas. Tergantung bagaimana tekstur scrub yang kamu inginkan. Kamu bahkan boleh lho mencampur kopi, rosella, serta biji bambu sekaligus jika mau. 🙂 Untuk mengetesnya, sambil mengaduk bahan-bahannya, kamu bisa sesekali mencoba scrubbing ke tangan untuk melihat seberapa kasar scrub yang kamu inginkan. Saya sendiri mencampurkan 2 sendok teh biji bambu serta 1,25 sendok teh rosella giling ke dalam scrub base saya.

Scrub buatan saya ketika masih dalam proses pembuatan.

Jika sudah cukup rata dan teksturnya sudah oke buatmu, berarti scrub-mu sudah oke. 😀 Terakhir, jangan lupa menambahkan essential oils ya untuk aroma serta tambahan manfaat. Saya sendiri menambahkan 6 tetes Lime, 4 tetes Sweet Orange, 2 tetes Palmarosa, serta 3 tetes Geranium. Hasilnya? Saya suka banget aroma Rosella-Bamboo Scrub yang saya buat!

Yaaay! Rosella-Bamboo Scrub saya sudah jadi. 😀

Begini nih Rosella-Bamboo Scrub saya.

Berhubung kami ber-10 membuat scrub untuk masing-masing, jadilah ada beragam scrub yang kami buat. Ada yang bikin Coffee Scrub, ada juga yang bikin Rosella-Bamboo Scrub. Warna dan teksturnya pun beda-beda karena sesuai keinginan dan pilihan kami masing-masing. Dan di bawah ini adalah scrub buatan Riri, Kak Ajeng, dan Kak Dita.

Scrub buatan Riri, Kak Ajeng, dan Kak Dita.

Scrub buatan Kak Ajeng dan Kak Dita.

Semuanya beda-beda, kan? Setelah ikutan mini workshop ini, dimana saya belajar bikin salah satu skincare organik bareng Skin Dewi… jujur aja, nagih! Saya jadi kepingin banget buat ikutan workshop yang lebih besar lagi bareng Skin Dewi. Apalagi dengan Ci Dewi yang begitu informatif, ramah, dan asyik saat mengajar. Top, deh!

Oh iya, setelah mini workshop saya bahkan dikasih makan siang yang beda karena saya lagi program diet bareng akupuntur. :”D Dan Ci Dewi udah nyiapin salad sebagai menu khusus buat saya. Baik dan pengertian banget, deh.

Lunch setelah mini workshop.

Overall, I really really recommend you to try the workshop with Skin Dewi. Biayanya mungkin nggak murah, tapi dari workshop senilai 12 juta rupiah, kamu bakalan dapet bahan senilai 7 juta rupiah dimana bahan-bahannya juga dijamin bagus, organik, serta aman untuk kulit dan diambil dari seluruh belahan dunia. Joining the mini workshop with Skin Dewi is definitely one of the best moments as a blogger. Can’t wait to join the bigger workshop!

Saya dan scrub buatan saya serta goodie bag dari Skin Dewi! 😀

Thanks dear Skin Dewi and Komunitas ISB  for inviting me to join the workshop. It was indeed fun and exciting!



You Might Also Like

3 Comments

  • Reply
    Ani Berta
    21 September 2017 at 11:40 pm

    Mini workshopnya seruuuu jadi ingin ikut lagi 🙂

    • Reply
      Sefin
      22 September 2017 at 6:36 pm

      Samaaaa, Teh! Kepingin nabung deh biar bisa ikutan yang full workshopnyaaa.

    Leave a Reply