Fashion Lifestyle Reviews Sponsored Posts

Pulang ke Rumah Bersama Amaragita

Indonesia adalah rumah bagi banyak orang, termasuk saya. Meski saya seringkali dibilang bukan orang Indonesia asli karena saya adalah seorang perempuan keturunan Tionghoa, Indonesia akan selamanya menjadi rumah bagi saya sejak saya lahir. Dengan berbagai keragaman yang dimiliki, batik adalah salah satu warisan Indonesia favorit saya. Setiap motif batik memiliki cerita dan maknanya sendiri. Apalagi, setiap kali saya bepergian ke suatu daerah dan menemukan batik, saya girang bukan main dan langsung ingin membawanya pulang. Itulah mengapa, ketika saya diajak untuk menghadiri fashion show sebuah brand batik, yaitu Amaragita di acara Folk N’ Vogue: 100% Indonesia pada 10 September 2016 lalu yang berlangsung di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), saya langsung mengiyakan ajakan tersebut tanpa berpikir dua kali.

Fashion show dimulai pukul 19.00 WIB. Begitu hadir, saya langsung bertemu dengan salah satu sahabat blogger favorit saya: Yuki Anggia! 😀 Setelah tahun lalu kami berada dalam sebuah perjalanan bersama-sama selama 16 hari dan menjadi teman sekamar, saya dan Yuki selalu akrab setiap saat. Jadilah, fashion show Amaragita tersebut menjadi salah satu ajang reuni dengan teman-teman sesama blogger seperti Teh Nita Sellya, Rere, Kak Dee, Bena, Kak Linda, dan tentunya Yuki.

Sebelum menghadiri fashion show, saya sempat membaca sedikit tentang Amaragita. Didesain langsung oleh pemiliknya, yaitu Mbak Mita, Amaragita sendiri dinamai dari dua kata dalam Bahasa Jawa Kuno: Amara dan Gita. Amara berarti bidadari dan Gita berarti kebaikan dan keanggunan. Ternyata, sebagai sebuah brand batik, Mbak Mita menginginkan Amaragita supaya bisa membalut tubuh perempuan yang mengenakannya agar tampil anggun mempesona di dalam kehidupan modern yang positif. Jadi, kalau ada yang bilang bahwa batik itu kuno dan ketinggalan zaman, pasti belum pada lihat koleksi batik yang sudah modern seperti milik Amaragita ini, deh. 😛

Amaragita sendiri sudah hadir sejak tahun 2010. Meski demikian, baru di tahun 2016 ini Amaragita kembali mengeluarkan koleksi terbaru. Jika ada yang bingung kenapa Amaragita baru mengeluarkan koleksi terbaru di tahun 2016… jawabannya adalah karena Mbak Mita yang awalnya mendesain koleksinya sendiri secara otodidak, ingin lebih serius menggarap Amaragita dengan kuliah fashion design. Nggak tanggung-tanggung, Mbak Mita pun langsung kuliah di New York. Setelah kuliahnya beres, Mbak Mita kemudian pulang ke Indonesia dengan membawa 30 koleksi rancangannya yang bertemakan “Homecoming”. Itulah kenapa, saya pun memberi judul postingan ini “Pulang ke Rumah Bersama Amaragita” karena koleksi “Homecoming” tersebut benar-benar menandai pulangnya Mbak Mita ke Indonesia setelah belajar fashion design di Negeri Paman Sam.




Bagi saya, “Homecoming” sama sekali bukan sebuah fashion show biasa. Pertunjukan diawali dengan penampilan robot-robot yang menari-nari kaku di sekitar panggung yang langsung membuat saya takjub. Ya, namanya juga robot, menarinya tentu kaku, ya? *keplak diri sendiri* Robot-robot tersebut ternyata menjadi teaser untuk fashion show yang serba modern dan terinspirasi dari sci-fi atau science fiction seperti Star Wars, Star Trek, dan Wall-E, serta berbagai film anime dan animasi. Dalam koleksi-koleksinya, Mbak Mita pun memadukan batik dengan pola-pola robot serta denim, sehingga terlihat begitu edgy dan berbeda dari batik-batik biasa.

Robot mengawali fashion show "Homecoming" Amaragita.

Robot-robot membuka fashion show “Homecoming” Amaragita.

Kimono batik denim ala "Homecoming" Amaragita.

Kimono batik denim ala “Homecoming” Amaragita.

Rider's jacket denim ala "Homecoming" Amaragita.

Rider’s jacket denim ala “Homecoming” Amaragita.

Salah satu blus "Homecoming" favorit saya yang warnanya kalem tapi tetap kelihatan bagus!

Salah satu blus “Homecoming” favorit saya yang warnanya kalem dengan desain robot dan gedung-gedung.

Rangkaian fashion show "Homecoming" Amaragita. Foto oleh Wira Nurmansyah.

Rangkaian fashion show “Homecoming” Amaragita. Foto oleh Wira Nurmansyah.

Daaan ini dia cape batik favorit saya yang kelihatan kece bangeeet! Sampai sekarang, saya masih terbayang-bayang cape ini lho. Foto oleh: Tim Amaragita.

Daaan ini dia cape batik favorit saya yang kelihatan kece bangeeet! Sampai sekarang, saya masih terbayang-bayang cape ini lho. Foto oleh Tim Amaragita.

Usai menyaksikan fashion show “Homecoming”, saya dan teman-teman blogger lain pun berkesempatan untuk mengobrol-obrol dengan Mbak Mita yang begitu ramah dan asyik. Dari obrolan tersebut, akhirnya saya pun jadi tahu bahwa pengrajin batik Amaragita adalah para anak muda lokal yang tinggal di sekitar workshop Amaragita yang berada di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Bahkan, Mbak Mita mengundang kami untuk datang ke workshop Amaragita tahun depan setelah workshop tersebut selesai direnovasi untuk menjadi workshop yang lebih sustainable dan ramah lingkungan. Keren banget, kan? 😀 Saya pun nggak sabar untuk mengunjungi workshop baru Amaragita!

Berfoto dengan Mbak Mita dan teman-teman blogger yang lain usai ngobrol-ngobrol.

Berfoto dengan Mbak Mita dan teman-teman blogger yang lain usai ngobrol-ngobrol. Foto oleh Wira Nurmansyah.

Dan sebelum pulang, saya bersama teman-teman blogger yang lain pun menyempatkan diri untuk mampir ke booth Amaragita yang berada di pameran Folk N’ Vogue: 100% Indonesia. Sambil mengelus-elus dompet, saya berusaha banget menahan diri untuk nggak impulsif membeli koleksi Amaragita! 😛 Cakep-cakep banget, sih!!!

Banner di depan booth Amaragita.

Banner di depan booth Amaragita.

Ada robot lagi di booth Amaragita! :D

Ada robot lagi di booth Amaragita! 😀

Koleksi kain batik Amaragita yang cakep-cakep. :D

Koleksi kain batik Amaragita yang cakep-cakep. 😀

Meski akhirnya saya pulang tanpa membawa satu pun koleksi dari Amaragita, saya sudah bersiap untuk bersiap memilih-milih beberapa koleksi “Homecoming” yang akan dirilis untuk dijual ke publik. Kamu juga jangan sampai ketinggalan, ya! Mari cintai produk Indonesia, seperti produk Amaragita ini. 😀

Ingin tahu tentang Amaragita lebih lanjut? Mampir ke sini ya:

 



You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply