Culinary Other Journals Reviews Sponsored Posts Sumatra Travel

9 Kuliner Jambi Favorit Saya Tiap Main ke Jambi

Jambi terkenal dengan ungkapan “Sepucuk Jambi Sembilan Lurah”, yang melambangkan satu-kesatuan di daerah Jambi. Oleh karena itu, dalam postingan blog ini saya mau berbagi 9 kuliner Jambi yang selalu saya datangi setiap kali main ke Jambi.

Akhir Agustus 2017 lalu adalah kali ketiga saya main ke Jambi. Saat pertama kali main ke Jambi pun saya nggak pernah merasa asing karena kebetulan Mama berasal dari Palembang—Jambi, dan Palembang sama-sama berada di Selatan Pulau Sumatera, ya jadi semuanya terasa begitu familiar. Kalo ada yang penasaran kenapa saya bisa lumayan sering ke Jambi… Hmm itu karena keluarga pacar saya tinggal di Jambi. Jadi ya, hitung-hitung menjalin silaturahmi. Hehehe… ☺

Nah, kalo ada yang bilang, “Enak banget ya Sefin bisa jalan-jalan terus ke manapun…” Well, sebenarnya kamu juga bisa kok! Jalan-jalan memang kadang bikin kantong bolong, tapi ada manfaatnya juga di sisi lain. Ya, kamu bisa #TravelTerus kayak yang sekarang saya alami. Jadi, saya bisa jalan-jalan terus salah satunya karena memanfaatkan program Loyalty Points Traveloka. Setiap pesan tiket dan hotel dari akun di Traveloka App, saya pasti akan dapat sejumlah poin.

Flashback sedikit ya, saya tahu tentang program ini dari pacar. Dia pun yang duluan mencoba tukar poin dengan tiket pesawat beberapa bulan yang lalu. Setelah cerita pengalamannya, dia bilang, “Coba deh cek, poin kamu sekarang ada berapa?” Pas saya cek, eh lumayan sekitar 10.000an. Langsung saja saya kepikiran untuk ke main ke Jambi gara-gara ingat keluarga pacar dan kuliner favorit yang memang dirindukan.

Daaan pada kunjungan terakhir ke Jambi kemarin, saya senang banget karena bisa terbang gratis ke Jambi hasil dari ngumpulin Traveloka Poin! Sebelum cerita lebih lanjut soal 9 kuliner Jambi favorit saya, saya mau ceritain nih gimana caranya saya bisa nukar tiket pesawat ke Jambi dengan poin itu. Penasaran, kan? 🙂

Jadi, setelah beberapa kali transaksi di Traveloka App, saya punya poin sebanyak 10.500 atau setara dengan Rp 1.050.000 di mana poin tersebut memiliki masa berlaku selama 1 tahun. Dan setelah membanding harga tiket pesawat PP Jakarta-Jambi di Traveloka App, saya pun memutuskan untuk beli tiket pesawat PP Jakarta-Jambi dengan maskapai Lion Air seharga Rp 901.900 dengan menukarkan 9.019 Traveloka Poin yang saya miliki.

Proses penukaran atau redeem-nya menurut saya gampang banget! Setelah pilih jadwal dan maskapai, saya isi data diri dan melanjutkan ke pembayaran. Saya pilih salah satu metode pembayaran, lalu setelah diklik akan muncul opsi “Redeem”. Oke, klik! Selesai! Nggak sampai 5 menit, tiket sudah bisa terkirim ke e-mail saya. ☺

Menurut saya sendiri, poin Traveloka ini bener-bener menguntungkan banget, apalagi buat orang-orang yang punya passion buat jalan-jalan mencoba hal baru. Kapan lagi kan jalan-jalan bisa dapet bonus jalan-jalan lagi?

Naaah, lanjut soal kuliner Jambi favorit saya.

Berikut ini adalah 9 kuliner Jambi yang nggak pernah saat lewatkan selama 3 kali main ke sana:

1. Es Kumpeh Delico

Cuaca di Jambi, terutama di siang hari itu panas banget. Itulah kenapa Es Kumpeh Delico ini selalu jadi favorit saya ketika main ke Jambi, terutama kalo pas kepanasan dan nggak ada kerjaan. Nah, di sini es krimnya ada dua jenis, yaitu jenis original dan super (yang susunya lebih banyak). Rasanya pun macam-macam, ada yang rasa klasik kayak cokelat, stroberi, yang agak khas daerah seperti nangka dan durian… bahkan ada rasa alpukat dan green tea juga. Kalo makan di tempat, kamu bisa pilih mau makan di cone, di gelas, atau bahkan dengan roti. Kalo mau dibawa pulang, kamu bisa beli kiloan. Recommended, deh! Apalagi buat kumpul-kumpul sama keluarga. 😀

Lokasi: Jl. Kol Pol M Thaher, Pakuan Baru, Jambi Selatan

2. Mie Pangsit Alex (Kurus)

Mie Halus di Mie Pangsit Alex.

Kwetiauw di Mie Pangsit Alex.

Sekarang, mie pangsit ini dikenal dengan nama Mie Pangsit Alex (Kurus) setelah ada yang membuka Mie Pangsit Alek Gendut yang akan saya bahas di nomor berikutnya. Buat kamu yang nggak makan daging babi, tidak disarankan ke sini karena Mie Pangit Alex (kurus) menyajikan menu non-halal alias mengandung babi.  Meski namanya pie pangsit, lucunya penyajiannya tanpa pangsit sama sekali. Kamu hanya bisa menemukan daging cincang dan bakso di kuahnya. Yang saya suka dari Mie Pangsit Alex (kurus) adalah aroma minyak babinya begitu terasa. Kamu pun bisa memilih mau pesan mie yang lebar, mie yang halus, atau kwetiau. Dan kalo kamu suka rasa asam dan pedas, kamu wajib banget pake acar cabe untuk menambah rasa.

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk, Talang Jauh, Jelutung

Kuah di Mie Pangsit Alex.

3. Mie Pangsit Alek Gendut

Berkali-kali makan mie pangsit di Jambi, jarang sekali saya menemukan rumah makan yang buka hingga malam hari. Dan di kunjungan terakhir saya ke Jambi, akhirnya saya mencoba Mie Pangsit Alek Gendut. Waktu itu, saya datang cukup malam, sekitar pukul 8 malam. Untungnya, kami masih dapat tiga porsi terakhir. Bila dibanding dengan Mie Pangsit Alex (kurus), mie pangsit di sini lebih keriting dan dagingnya lebih garing. Kuahnya juga disajikan dengan pangsit rebus beneran. Menurut saya sih, baik Mie Pangsit Alex (kurus) dan Mie Pangsit Alek Gendut sama-sama enak dan punya cita rasa tersendiri. Kalo kamu suka mie yang babi’ banget, mungkin kamu lebih suka Mie Pangsit Alex (kurus). Kalo saya sih, suka dua-duanya. Hehehe…

Lokasi: Jl. Koni 3 (Depan kantor lama Suzuki), Jambi

Kuah pangsit di Mie Pangsit Alek Gendut

4. Kwetiau Rusa 71

Kwetiauw Rusa 71

Kwetiauw Rusa tampak dekat.

Jambi terkenal banget dengan kwetiaunya. Tekstur yang tebal, membedakan dirinya dengan kebanyakan kwetiau yang ada di Jakarta. Menurut saya, kwetiau di sini sendiri agak mirip dengan udon secara penampilan, meski teksturnya sama sekali berbeda.  Nah, waktu pertama kali diajak makan di sini sama pacar, jujur saya awalnya saya agak ragu. Saya takut dagingnya keras dan rasanya nggak enak. Yang saya ingat sih, dulu waktu kecil saya pernah makan dendeng rusa dan teksturnya agak keras. Tapi ternyata salah! Kwetiau rusa ini enak banget! Sama seperti kwetiau siram Jambi yang umumnya agak basah, bumbunya begitu gurih. Nggak heran deh saya sampai balik ke sana terus tiap kali main ke Jambi.

Lokasi: Jl. Orang Kayo Hitam No.34, Sulanjana, Jambi Timur

Mie Rusa.

5. Mie Kangkung Saimen

Saimen adalah sebuah toko roti yang begitu legendaris di Kota Jambi. Toko roti ini pun selalu ramai, terutama di akhir pekan. Selain menjual beragam aneka roti, di sini juga dijual aneka jajanan pasar khas seperti kue jongkong. Di sini, dijual juga menu fried chicken atau ayam goreng tepung. Tapi, yang selalu jadi favorit di Saimen adalah mie kangkungnya. Disajikan di atas hot plate, kuah yang disiramkan di atas mie begitu kental dan gurih. Kangkung yang dimasak juga selalu garing dan segar. Kalo lagi nggak beruntung, kamu bisa kehabisan menu ini.

Lokasi: Jl. Raden Mataher, No. 51-54, Sungai Asam

6. Yummy Sapo

Pertama kali ke sini saat diajak mama pacar saya. Buka cukup pagi, kamu bisa makan di sini sekitar pukul 08:00. Dan seperti pada kebanyakan restoran atau rumah makan yang menyajikan mie, kamu pun bisa memilih kwetiau, mie halus, atau mie lebar. Menggunakan mangkuk keramik sebagai tempat penyajiannya, kamu pun harus berhati-hati saat pertama kali menyuapkan sapo mie ke dalam mulut. Jangan sampai seperti saya pada waktu itu, karena terlalu bersemangat dan terlalu lapar, saya langsung menyuapkan ke mulut hingga lidah saya terbakar. But it’s totally worth the burn! Dengan porsi yang amat sangat buanyaaak, bahkan bisa dimakan berdua, saya yang biasanya makan sedikit sekali pun bisa habis melahap sapo mie-nya. Apalagi, disediakan bumbu tambahan seperti acar cabe, sambal, dan irisan bawang putih. Yummy!

Lokasi: Jl. Orang Kayo Hitam, Budiman, Jambi Timur

Bahan pelengkap di Yummy Sapo.

7. Masakan Padang di RM Aroma Cempaka

Makan masakan Padang kok di Jambi? Mungkin ini yang kamu pikirkan. Tapi entah kenapa, ada banyak hidangan khas Padang, Sumatra Barat yang dijual di Jambi, seperti misalnya sate padang. Nah, RM Aroma Cempaka ini sudah lama ada di Jambi, sejak pacar saya masih kecil. Rumah makan ini pun selalu ramai, bahkan jika kamu mau makan siang di sini, kamu belum tentu kebagian tempat duduk. Yang biasanya orang-orang borong adalah rendangnya, bahkan banyak juga yang membawa pulang rendang Aroma Cempaka sebagai oleh-oleh khas Jambi. Kalo saya sendiri, menilai Aroma Cempaka dari sambalnya. Biasanya nih, kalo sambal sebuah rumah makan Padang sudah enak, hampir semuanya akan enak. Dan terbukti. Ayam pop juga nggak kalah, deh. Enak semuaaa!

Lokasi: Prof H. MOH d. Bafadhal, Cemp. Putih, Jelutung

8. Sate Padang Mitra

Seperti yang sudah saya ceritakan, masakan Padang cukup populer di Jambi. Sate Padang pun ada di mana-mana dan yang selalu ramai pengunjung adalah Sate Padang Mitra. Tempat makan yang buka pukul 4 sore ini menyediakan sate padang yang terbuat dari daging dan lidah sapi, juga sate padang yang terbuat daging ayam. Buat saya sih, tentunya yang spesial adalah sate padang yang terbuat dari ayam karena di Jakarta atau Tangerang saya belum pernah sekalipun mencicipi sate Padang yang terbuat dari daging ayam. Meski demikian, sate lidahnya tentu selalu menjadi favorit karena empuk dan bumbunya penuh cita rasa. Tambahkan keripik singkong pedas jika kamu pencinta masa pedas seperti saya.

Lokasi: Jl. Gr. Djamin Datuk Bagindo, Budiman, Jambi Timur

9. Rumah Makan Ria

Sapo tahu.

Fuyung hai.

Ini adalah rumah makan favoritnya ayah pacar saya. Dan berhubung ini adalah restoran Chinese food, lebih baik kamu makan beramai-ramai supaya bisa mencicipi banyak menu kalo kamu mau makan di sini. Yang favorit adalah Gurame Asam Manis, tapi sayangnya waktu ke sana guramenya lagi habis. Jadilah kami mencicipi menu Udang Pete, Puyonghai, dan Sapo Tahu bersama keluarga pacar saya. Jika biasanya saya kurang suka Chinese food karena seringnya terlalu asin dan berminyak, menurut saya menu-menu Rumah makan Ria rasanya pas di lidah. Sama sekali nggak bikin sakit tenggorokan atau bikin bibir berkerut karena terlalu asin.

Lokasi: Jl. Otto Iskandardinata, Sulanjana, Jambi Timur

Udang pete.

Puaslah saya ke Jambi kali ini. Tiket pesawat PP gratis, kuliner terus-terusan, dan berjumpa kembali sama keluarga pacar. By the way, sudah cek Traveloka Poin kamu? Ada berapa sekarang? Yuk, share! Siapa tahu kan bisa tukar ide buat jalan-jalan ke Jambi juga kayak saya, atau ke mana gitu tempat yang belum pernah kamu kunjungi. Hehehe 🙂



You Might Also Like

36 Comments

  • Reply
    Sharon Loh
    31 August 2017 at 10:49 am

    Ada beberapa yang aku belom coba loh! Termasuk di kwetiau sapi itu, mana terkenal banget tp aku lupa terus kalo pagi ngidam kwetiau, perginya ke tmp itu lagi itu lagi 😝

    Ayok kapan2 ke Jambi lagi yuk finnnn lamaan!

    Btw bener banget Traveloka Poin, aku juga merasa diuntungkan dpt poin gt. Untung aja bikin account yaa jd poin nya kekumpul. Temenku ada yang sering traveling tp dia ga bikin account, dan begitu tau ada poin2 gt, baru deh nyesek 😂

    • Reply
      Sefin
      11 September 2017 at 5:15 pm

      Huahahahaha ayok coba kwetiauw rusanya, Sharon. Enaaaak banget. Nanti kalo ke Jambi lamaan kukabarin, ya. Biar bisa nongkrong sama Pote. 😛
      Nah iya, Traveloka Poin bener-bener menguntungkan banget. Makin sering jalan-jalan bisa dapet bonus jalan-jalan. :3
      Btw, temenmu nyesek amaaaat wkwkw suruh bikin account Traveloka gih!

  • Reply
    Chika
    31 August 2017 at 1:15 pm

    Mantaaap jadi pengen ke Jambi lagi

    • Reply
      Sefin
      11 September 2017 at 5:14 pm

      Yuk, Chiiiik! 😀

  • Reply
    Yuki Anggia Putri
    1 September 2017 at 9:14 pm

    duh, sapo mie sepertinya mantap sekali, jadi penginnnn….

    • Reply
      Sefin
      11 September 2017 at 5:10 pm

      MANTEP BANGET YUKIII SUMPAAAH aku inget-ingetnya aja langsung laper :3

  • Reply
    Shabina Rompas
    4 September 2017 at 12:39 pm

    baca artikel kakak jadi ngidam babiiii XD huaaaaaaaa.. enak banget kakak udah bisa cobain poin traveloka, aku beloman T.T masih kurang buat dituker

    • Reply
      Sefin
      11 September 2017 at 5:07 pm

      Huahahahaha ayok makan babiii! Uenak banget kan emang. :”D Ayok sering-sering beli tiket pesawat sama booking hotel pake Traveloka biar poinnya banyak terus bisa dituker, deh. 😀

  • Reply
    gus bolang
    12 September 2017 at 10:36 am

    wah kuah mie pangsitnya aneh mbak dan satenya itu dikasik keripik singkong ya
    hemmm pasti rasanya yummy

    • Reply
      Sefin
      12 September 2017 at 11:07 am

      yummy banget, Mas! mesti dicobain deh hehehe

  • Reply
    Zeilla Mutia Devi
    12 September 2017 at 10:46 am

    Kayanya enak-enak ya, aku termasuk yang suka wisata kuliner juga kalau lagi travelling. Tertarik banget coba ice cream sama mie nya. Kebetulan pacar ku org Jambi, bisa minta di anter ke sana deh haha.

    • Reply
      Sefin
      12 September 2017 at 11:08 am

      wah pas! sesama punya pacar orang Jambi, mesti banget mampir ke sana. asyik banget wisata kuliner, banyak pilihannya. :3

  • Reply
    Arif
    12 September 2017 at 11:36 am

    Belum pernah ke Jambi, mudah2an bisa kesana sambil kulineran hehe

    • Reply
      Sefin
      12 September 2017 at 2:25 pm

      amiiiiin. mesti banget kulineran ke sana, Mas!

  • Reply
    Dewi Aulia
    14 September 2017 at 5:05 pm

    Mie pangsit alex emang lezat, dulu pernah nyobain pas ke jambi..

    • Reply
      Sefin
      16 September 2017 at 9:23 am

      Enak banget kaaaan :3 mesti banget ke sana lagiii!

  • Reply
    Diana chang
    16 September 2017 at 10:19 pm

    Kuliner di jambi masih banyak yang enak🖒di tunggu kedatangannya lagi😊

    • Reply
      Sefin
      17 September 2017 at 10:14 am

      Siaaaap! Thank you. Semoga bisa ketemu waktu aku ke Jambi lagi. 🙂

  • Reply
    Cipta tour
    17 September 2017 at 8:15 am

    Masih ada lagi, Martabak manis RIA di simpang jelutung dan martabak mesir roxy di jln hmo bafadhal makalam, nasi gemuk mak nyus di simpang taxi lama, mie celor ruko pojokan simpang jelutung…

    • Reply
      Sefin
      17 September 2017 at 9:52 am

      Haloooo 🙂 Thank youuu infonya. Martabak manis RIA belum pernah coba nih pernahnya Martabak GARUDA. Next time ke Jambi pasti dicobain! 😀 Martabak mesir roxy udah pernah coba nih emang enak, ya 😀 nasi gemuk dan mie celornya pasti dicoba di kunjungan ke Jambi selanjutnya. 😉

  • Reply
    Sisilia Rae
    17 September 2017 at 6:42 pm

    cobain tempoyak khas jambi kakak, dijamin nagihin

    • Reply
      Sefin
      18 September 2017 at 9:09 am

      Tempoyak aku juga suka banget nihh tapi kalo makan di restoran belom pernah..pernahnya nyobain yang masakan rumah. Kalo di restoran ada yang jual kahhh?

  • Reply
    Yeni Witaris
    18 September 2017 at 8:57 am

    wah jdi ngiler liat fotonya 😁

    • Reply
      Sefin
      18 September 2017 at 9:08 am

      huahahahaha mesti banget nyobain langsung ke Jambi! 😀

  • Reply
    Rosy Puspita
    20 September 2017 at 12:01 pm

    tempat wisatanya gk di review jg kak? 😀 btw nice share 👍

    • Reply
      Sefin
      20 September 2017 at 9:45 pm

      belum, nih.. hihi.. kamu orang Jambi ya? thanks for reading, ya 😉

  • Reply
    Hilda Rosmawati
    22 September 2017 at 5:12 pm

    Banyak amat poin travelokanya kak? gmn caranya biar cepet banyak? boleh dong bagi2.. hihi

    • Reply
      Sefin
      22 September 2017 at 6:35 pm

      Hihi sayangnya nggak bisa ditransfer euyyy poinnya. Kalo mau biar cepet banyak, jadi calo aja wkwkw 😛 ajak temen-temennya jalan-jalan terus belinya pake akun Traveloka kamu, deh. 😀

      • Reply
        Hilda Rosmawati
        22 September 2017 at 6:51 pm

        rupanya seperti itu caranya, patut dicoba. hehe

        • Reply
          Sefin
          25 September 2017 at 11:08 pm

          Silakan mencoba! Selamat traveling! 😀

  • Reply
    Ria Okta
    27 September 2017 at 11:02 am

    udah lama di jambi tp blum pernah nyobain semua *miris 😂

    • Reply
      Sefin
      28 September 2017 at 9:48 am

      OALAAAAH! Ayok dicoba sayang banget lhooo :”D

  • Reply
    Maya
    1 October 2017 at 11:30 pm

    cobain nasi gemuk kk, mayan murah.. hihi

    • Reply
      Sefin
      4 October 2017 at 3:32 pm

      Punya rekomendasi nggak nasi uduk di mana yang enakkk? 😀

  • Reply
    Riris
    2 October 2017 at 3:14 pm

    nice share 👍

  • Leave a Reply